Cegah Pelanggaran Sedini Mungkin, Bawaslu Gelar Sosialisasi

oleh -1530 Dilihat
SOSIALISASI: Bawaslu Blora menggelar sosialisasi peraturan dan non peraturan Bawaslu di kantornya, menggandeng Dinas PMD Blora dan Kemenag Blora, Kamis 1 September 2022. || Foto: Dok. Humas Bawaslu Blora

Sementara itu, Penyuluh Agama Ahli Madya Kementerian Agama Kabupaten Blora Marsi menjelaskan, terdapat 7 peran penyuluh agama dalam Pemilu.

“Terdapat 7 peran penyuluh agama dalam pemilu yakni, memahami tentang informasi  dan pelaksanaan pemilu, mensosialisasikan pelaksanaan pemilu kepada kelompok binaan, mengantisipasi isu SARA,” terangnya.

Memberikan keteladan menjaga kerukunan dan mendorong isu moderasi ke masyarakat, mengawal agar bertransformasi positif di tengah maraknya ujaran kebencian, membebaskan manusia dari sikap dan perilaku destruktif.

“Memberikan pemahaman kepada masyarakat agar menjaga kondusifitas,” ungkap Marsi.

Baca Juga :  Terus Berjalan, Inisiasi Calon Tunggal di Pilkada Blora

Penyuluh agama tidak boleh memihak untuk menghindari perpecahan. Harapannya penyuluh dalam pemilu dapat menyampaikan bagaimana menjadi pemilih yang baik.

Terdapat 152 penyuluh agama di Blora, (14 status PNS). Keberadaannya diharap dapat menjadikan pemilu yang lebih baik.

“Pemilih mengerti tata cara memilih sehingga surat suara yang digunakan sah, dan menghindari politik uang di masyarakat.” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.