Kreasi Fashion Batik Blora Memukau di Grand Maerakaca PRPP Jateng

oleh -487 Dilihat
konsep fashion show out door, para peragawan dan peragawati dari Arby Vembria Modelling School dengan luwes dan anggun mengenakan batik Blora yang dikreasikan dalam beberapa pakaian antara lain dress, jaket dan casual

SEMARANG, topdetiknews.com – Bekerja sama dengan Hanum by Rahmadiyanti serta Grahatikra, Dekranasda Blora melakukan lompatan besar dengan mengadakan “Fashion Show UMKM Batik Blora On The Street” di Grand Maerakaca Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jateng, Rabu (31/08/2022).

Dengan konsep fashion show out door, para peragawan dan peragawati dari Arby Vembria Modelling School dengan luwes dan anggun mengenakan batik Blora yang dikreasikan dalam beberapa pakaian antara lain dress, jaket dan casual.

Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM. ikut tampil menjadi peragawati. Ia dengan luwes memeragakan busana pakaian yang dibalut dengan jaket buatan pengrajin UMKM Batik dari Blora.

Wakil Bupati yang hadir mewakili Bupati Blora Arief Rohman, S.IP, M.Si., mengapresiasi peran Dekranasda Blora yang telah melakukan lompatan besar dengan mengikuti gelaran fashion show ini.

“Saya mengapresiasi peran Dekranasda Blora yang telah melakukan lompatan besar, sehingga bisa tampil dalam ajang ‘Fashion Show UMKM Batik Blora On The Street’. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami bisa menunjukan kreasi batik Blora pada masyarakat Jawa Tengah,” ungkap Wabup

Mbak Etik, sapaan akrab Wakil Bupati Blora, menyatakan, melalui kegiatan-kegiatan seperti di PRPP itu, batik Blora bisa semakin dikenal masyarakat luas dan membangkitkan kecintaan terhadap batik.

“Sekaligus juga kami ingin menunjukan, bahwa Blora punya pelaku UMKM Batik hingga desainer busana batik yang sangat potensial, dan karya-karyanya patut diacungi jempol,kami terus mendorong agar para pelaku UMKM batik ini bisa naik kelas” Jelasnya

Baca Juga :  Dapat Kuota 11.000 Dosis, Wagub dan Bupati Blora Launching Vaksinasi PMK di Jepangrejo

Para desainer maupun pelaku UMKM batik Blora yang telah berpartisipasi dalam ajang fashion show ini, diantaranya Nenni R Bayu, Sony, Hani, Yayuk Nusantara, Ony Med Lusiana, Een Productions, Yana Hajar, dan Mulia Grafika.

Peluang Pasar
Mbak Etik berharap gelaran fashion show ini nantinya bisa memberikan manfaat bagi para pengrajin batik Blora. Selain wajah Blora semakin dikenal masyarakat luas, peluang pasar bisa terbuka lebih luas.

“Kami juga harapkan nantinya akses bagi pengusaha dan pengrajin batik Blora ini untuk menjangkau pasar yang lebih luas, baik tingkat provinsi, nasional bahkan luar negeri, bisa semakin terbuka. Sehingga kedepan tentunya akan bermanfaat bagi keberlangsungan usaha batik di Blora dan Jawa Tengah,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan UKM, Dindagkop UKM Provinsi Jawa Tengah, Hatta Hatnansya Yunus, menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyambut baik pagelaran fashion show ini.

Hatta juga mengungkapkan bahwa Dindagkop UKM Provinsi Jawa Tengah siap bersinergi untuk memajukan UMKM Batik di Blora.

“Ternyata di Blora batik ada fashionnya juga, ini menjadi catatan kami untuk kita mungkin bisa bersinergi berkolaborasi untuk pembinaan UMKM batik khususnya yang ada di Blora,” ungkapnya

Lanjutnya, pihaknya siap bersinergi, termasuk peluang untuk bisa menggandeng pihak ketiga pihak swasta untuk mendampingi pembatik maupun desainer yang ada di Blora untuk bisa maju.

Hatta menambahkan bahwa pelaku UKM Batik di Jawa Tengah yang ada terus didorong agar tidak hanya berhenti sampai pada kain batik saja, melainkan bisa menjadi sebuah produk fashion.

Baca Juga :  Sehari, 3 Anak Tewas Tenggelam di Embung

Acara fashion show berlangsung meriah, Wabup yang tampil menjadi peragawati bersama dengan Ratna Komang Irawadi (istri Sekretaris Daerah), Indah Puji Luluk (istri Staf Ahli Bupati), Sri Budi Lestari Kiswoyo (Istri kepala dinas Dindagkop & UMKM) serta Dian Nurhana Heru (Istri Kepala BKD), mampu menarik perhatian para penonton.

Acara diakhiri dengan all performance dari para peragawan dan peragawati serta para tamu undangan dengan suka ria diiringi musik yang sedang viral.

Hadir dalam acara ini beberapa kepala OPD yang ada di Kabupaten Blora antara lain, BAPPEDA, Dinporabudpar, Dindagkop dan UMKM, Dindukcapil, Satpol PP, serta beberapa perwakilan OPD Kabupaten Blora.

Tinggalkan Balasan