CPP Gundih Pertamina EP Field Cepu Dikepung Warga Lokal

oleh -1359 Dilihat
Simulasi menghadapi massa pendemo di area CPP Gundih Pertamina EP Field Cepu, Kamis (30/11/2023) || Foto: Topdetiknews.com/muji

Rupanya Ada tiga tuntutan yang disampaikan warga. Diantaranya, penambahan tenaga kerja dari warga lokal, ganti rugi tanaman yang terdampak, dan kompensasi kebisingan yang ditimbulkan CPP Gundih Pertamina EP Field Cepu.

Sementara itu, Humas Pertamina EP Field Cepu Zona 11, Sony Aditya Kusuma menyampaikan, bahwa saat ini pihaknya tengah fokus pada upaya penanggulangan kebakaran tersebut. Diketahui bahwa dalam kejadian ini, terdapat sekitar 3 pekerja yang terlibat.

“Saat ini, kami sedang fokus pada penanggulangan kebakaran. Mohon waktunya untuk informasi selanjutnya yang akan kami sampaikan dalam rilis berikutnya,” ungkap Sony.

Skenario Latihan

Rangkaian kejadian tersebut ternyata merupakan skenario latihan untuk menghadapi situasi kedaruratan di wilayah operasi CPP Gundih Pertamina EP Field Cepu Zona 11.

Sony Aditya Kusuma menjelaskan, Simulasi ini sebagai upaya memastikan kesiapsiagaan terhadap keadaan darurat. Hari ini, dilakukan simulasi penanggulangan kebakaran di wilayah kerja yang melibatkan berbagai pihak, forkopimcam dan stakeholder terkait.

Kegiatan simulasi ini dirancang dengan skenario penanganan kebakaran di wilayah kerja yang melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Selain penanggulangan kebakaran, simulasi ini juga mencakup aksi massa. Dengan harapan kejadian sebenarnya tidak akan terjadi di kemudian hari. Juga mempertimbangkan kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja.

Baca Juga :  Randublatung Akhirnya "Orange", Seorang Diketahui Positif Rapid Test

“Dalam simulasi ini, kami bekerja sama dengan forkompimcam. Mulai dari Kapolsek, Camat, Koramil, dan Kepala Desa,” ungkap Sony Aditya Kusuma.

Superitendent HSSE Pertamina Field Cepu zona 11, Indra Firmanuddin, menyampaikan, tujuan utama dari latihan ini adalah memastikan alur prosedur penanganan keadaan darurat yang efektif dalam menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi.

Latihan ini mencakup berbagai aspek, baik di dalam dan luar perusahaan. Kegiatan ini tidak hanya untuk memastikan keselamatan internal perusahaan tetapi juga untuk memastikan komunikasi yang efektif dengan stakeholder.

“Kami ingin memastikan bahwa personil kami percaya diri dalam menghadapi aktivitas darurat dan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik di lingkungan internal maupun eksternal,” ujar Indra.

Selain itu, latihan tersebut juga dilakukan untuk mengedukasi masyarakat sekitar agar tidak panik dalam situasi darurat.

Indra menandaskan, pentingnya menjaga kondisi aman dan nyaman dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. terutama di lingkungan yang memiliki risiko tinggi seperti perusahaan minyak dan gas (migas).

Baca Juga :  Pastikan Tuntas, PEP Cepu Field Lakukan Pengecekan dan Pembersihan Area Pipa Sambong

Latihan kesiap-siagaan dilakukan secara rutin dari tahun ketahun. Terutama menjelang periode yang potensial memiliki risiko tinggi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesiapsiagaan personil dan mengantisipasi potensi risiko eksternal.

“Kami selalu siap untuk merespons tuntutan dan permintaan dari masyarakat, memastikan bahwa dampak dari operasional perusahaan tidak merugikan lingkungan sekitar,” tutup Indra.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.