Top… Noyo Gimbal View Tembus  15 Besar Lomba Desa Wisata  Nasional

oleh -718 Dilihat
oleh
ASRI : Salah satu sudut pemandangan Desa Wisata Bangsri, di Kecamatan Jepon, Blora yang tampak asri. Potensi wisata itu kini tembus 15 besar lomba desa wisata nusantara 2023 tingkat nasional.

BLORA, topdetiknews.com  – Setelah mendapat kunjungan penilaian  lapangan dari Kementerian Desa  PDTT  & November 2023 lalu,  Desa Wisata Bangsri, Kecamatan Jepon dengan Noyo Gimbal View-nya tembus 15 besar  Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN)  2023.

Atas prestasi itu,  Kades Bangsri, Laga Kusuma  akan  hadir di malam puncak apresiasi lomba desa wisata nusantara di Lombok NTB umat (24/11/23) mendatang.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, mengapresiasi prestasi itu. Dikatakan untuk kategorinya Desa Wisata Nusantara desa berkembang.  ‘’Mohon doanya semoga desa wisata Bangsri bisa meraih juara dan menginspirasi desa-desa lainnya di Blora,’’ tandasnya.    

Berikut 15 desa wisata peringkat terbaik nasional. Selain Blora, ada Bantayan Aceh Utara,  Golo Loni Manggarai Timur NTT, Guci Tegal Jawa Tengah, Iso Maluku Tenggara, Kalipelus Pacitan Jawa Timur, Kiluan Negeri Tanggamus Lampung.

Juga, Labengki Sulawesi Tenggara, Lifuleo Kupang NTT, Luk Panenteng Sulawesi Tengah, Melung Banyumas Jawa Tengah, Partungko Naginjang Sumatera Utara, Pela Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Tanjung Lanjut Jambi, Wae Tuwo Sulawesi Selatan.

Baca Juga :  Tinggal Dua Kegiatan di Bidang Bina Marga PUPR Blora Yang  Lelang Ulang

Bupati Arief akui, meski ada potensi wisata yang meraih prestasi nasional, namun ada sebagian jalan menuju lokasi wisata Bangsri yang jelek. Menurutnya, semua itu dikarenakan keterbatasan anggaran.

‘’Ya memang masih ada sebagian jalan yang jelek. Pembangunan jalan kami lakukan bertahap, dan anggaran yang ada harus dibagi 16 kecamatan,’’ jelasnya.

Dikemukakan, di tahun 2023 ini sudah ada penambahan pembangunan jalan dari Pakis ke Desa Bangsri. Harapannya, di tahun 2024 nanti pembangunan jalan akan dilanjutkan ke Timur tembus ke Desa Turirejo, Kecamatan Jepon.  

Diketahui, Desa Wisata Nusantara Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora masuk 30 besar di ajang Lomba Desa Wisata Nusantara ( LDWN ) tahun 2023. Bahkan saat penilaian lapangan  yang dilakukan oleh Tim dari Kementerian Desa, Selasa (7/11/23) khans untuk masuk 15 besar terbuka lebar.

Prestasi membanggakan, menyusul  pada Lomba Desa Wisata Nusantara ( LDWN) tahun 2023 ini, setidaknya ada 2.007 Desa di seluruh Indonesia yang ikut berkompetisi.

Jika saja nantinya Desa Wisata Nusantara Bangsri masuk 15 besar, akan diundang ke Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menerima penganugerahan desa wisata nusantara.

Saat penilaian, tim juri didampingi langsung Bupati H. Arief Rohman bersama dinas terkait ikut keliling Desa Wisata Nusantara Bangsri. Diawali dengan penampilan tarian tayub yang terus di uri uri desa setempat, kemudian melihat potensi  UMKM berupa pembuatan patung dari bahan gypsum.  Dan terakhir di tempat wisata Noyo Gimbal View yang berada di pojok Desa Bangsri.

Baca Juga :  170 Desa di Blora Alami Kekeringan

Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada Desa Wisata yang memenuhi kriteria yang ditentukan pada proses seleksi dan penilaian.

LDWN 2023 juga memiliki 2 kategori yang diperebutkan. Kategori pertama yakni desa dengan status Indeks Desa Membangun (IDM) Desa Mandiri dan maju. Untuk kategori kedua adalah desa dengan IDM berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal. ***

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.