Jika PKB Juara, Sejumlah Sosok Ini Yang  Berpeluang Menjadi Ketua DPRD Blora

oleh -239 Dilihat
oleh
Istimewa

BLORA, topdetiknews.com – Jika sesuai prediksi PKB menjadi juara di Pileg Pemilu 2024  Kabupaten Blora, kemungkinan sosok-sosok ini yang berpeluang untuk menjadi Ketua DPRD Blora periode 2024 – 2029.

Diberitakan sebelumnya, hampir dipastikan PKB menjuarai Pileg di Pemilu 2024  Kabupaten Blora. Diprediksi dari lima dapil yang ada, PKB mampu  memperoleh 11 kursi dari total 45 kursi yang ada di DPRD Blora.

Yang hangat menjadi pembicaraan akhir-akhir ini adalah siapa sosok yang akan menduduki Ketua DPRD Blora periode  2024 – 2029.  Menyusul, sesuai aturan, seperti dikemukakan oleh Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP ) PKB Blora, M Khamdun, berdasarkan  Undang-undang tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD (MD3), Ketua DPRD berasal dari Partai dengan perolehan jumlah kursi terbanyak.

‘’Untuk itu, berdasar tabulasi internal, PKB menjadi juara dan sesuai aturan sosok anggota dewan yang  akan menjadi Ketua DPRD Blora periode 2024-2029, dari PKB,” jelas Khamdun.

Persoalannya, menjelang Pemilu kemarin, khasak khusuk yang ada bahwa jika PKB juara, yang akan menduduki Ketua DPRD adalah Caleg yang memperoleh suara terbanyak.

Hanya, M Khamdun menegaskan bahwa penentuan calon Ketua DPRD sepenuhnya menjadi wewenang DPP PKB. DPC hanya memiliki kewenangan untuk mengusulkan tiga nama calon kepada DPP.

Baca Juga :  Terus Ingatkan Warga Untuk Patuhi Anjuran Pemerintah

Dengan demikian keputusan akhir akan ditentukan melalui kajian, fit and proper test, dan pertimbangan lainnya yang menjadi kewenangan DPP.

Disampaikan, mengenai ranking perolehan suara para calon legislatif PKB dengan perolehan suara tertinggi, masing-masing  Mustofa dari Dapil 4 yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD, diikuti oleh M. Khilmi Yulanjaya dari Dapil 1, dan Mochamad Muchklisin dari Dapil 1.

“Nanti DPP akan membuat jadwal, kapan DPC-DPC diberikan waktu untuk mengusulkan calon pimpinan DPRD,” tandas Khamdun.

Pertanyaannya, jika yang diajukan DPC ke DPP untuk menduduki Ketua DPRD adalah tiga  nama calon yang memperoleh suara tertinggi, berarti ada sosok Mustofa dari Dapil 4, M. Khilmi Yulanjaya dari Dapil 1, dan Mochamad Muchklisin dari Dapil 1. Dengan kata lain, tiga sosok tersebut yang berpeluang menjadi Ketua DRD Blora periode 2024 – 2029.

11 Kursi

Khamdun membenarkan dalam perkembangan penghitungan suara  sementara,  perkiraan jumlah kursi yang diraih PKB 11 kursi.

‘’Ya memang perkiraan kami PKB mendapat 11 kursi dari lima Dapil yang ada di Blora. Hasil ini patut kita syukuri. Dari lima Dapil yang ada, hanya di Dapil 3 (Kradenan, Randublatung, Jati) yang memperoleh 1 kursi ,’’ tandas Khamdun, Selasa (27/2/24), sore.

Menurutnya, dari perhitungan sementara, di Dapil 1 (Blora, Jepon,Jiken, Bogorejo) PKB memperoleh 3 kursi, dapil 2 (Cepu, Kedungtuban, Sambong ) peroleh 2 kursi, Dapil 4 (Kunduran, Todanan, Japah) peroleh 3 kursi dan di Dapil 5  (Tunjungan, Ngawen, Banjarejo) memperoleh 2 kursi. Di Dapil 3 (Kradenan, Randublatung, Jati) memperoleh 1 kursi.

Baca Juga :  Update Covid-19 di Blora, Sembuh 5 Muncul 1 Kasus Baru

Untuk perkiraan nama-nama caleg jadi dari PKB di masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil) sebagai berikut :  di Dapil 1 – M Khilmi Yulianjaya ST (PKB dengan perolehan suara 10.759 suara, H. Mochamad Muchklisin (PKB dengan perolehan suara 9.016), Ahmad Labib Hilmy (PKB dengan perolehan suara 8.314 suara).

Di Dapil 2 (Sambong, Cepu dan Kedungtuban) – H . Ketut Kurniawan 6.762 suara), M. Husaini S.H.I ME.I 6.480 suara.

Di Dapil 3 ( Kradenan, Randublatung, Jati)  –  Ratna Pancarini (PKB : 5.415 suara).

Di Dapil 4 ( Kunduran, Todanan, Japah) – Mustofa S.Pd.I ( PKB : 11.909 suara), Munawar SH (PKB : 8.055 suara), Jamhuri (PKB : 4.271 suara).

Terakhir di Dapil 5 (Banjarejo, Ngawen, Tunjungan)  –  Ahmad Mulabby (PKB : 8.116 suara), M Mukhlisin SE (PKB : 6.645 suara).  ***

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.