Wayahe mBlora Engkek

oleh -
Foto : dok

Oleh : Daryanto

” SUDAH lama mimpi reaktivasi Bandara Ngloram bisa terlaksana. Kini mimpi itu sedikit waktu lagi menjadi kenyataan. Harapannya, dengan aktifnya bandara tersebut ( untuk penerbangan komersial) tidak sekedar rog-rog asem. Sekejap aktif namun dalam waktu yang tidak lama bandara yang diharapkan akan memacu perekonomian di Blora itu mati suri. ”

AKHIRNYA ada kepastian Citilink akan buka penerbangan Halim (Jakarta) ke Bandara Ngloram, Cepu, PP, di tanggal 26 November 2021 mendatang. Penerbangan dilakukan seminggu dua kali, yakni Senin dan Jumat.

Untuk harga tiket yang semula diwacanakan di angka Rp 900.000, ternyata hanya di kisaran Rp 600.000. Dari Cepu ke Halim Perdanakusuma pukul 11.45 – 13.20.harga tiket mulai Rp 613.600 (dari Cepu), sedangkan dari Bandara Halim dipatok mulai Rp 653.600.

Wayahe mBlora engkek. Semua bangga  tentunya dengan adanya kabar bahwa Citilink akan buka penerbangan Halim (Jakarta) ke Bandara Ngloram, Cepu, PP, di tanggal 26 November 2021 mendatang. Penerbangan dilakukan seminggu dua kali, yakni Senin dan Jumat.

Toh sudah lama diinginkan reaktivasi Bandara Ngloram itu. Harapannya, dengan aktifnya bandara tersebut ( untuk penerbangan komersial) tidak sekedar rog-rog asem. Sekejap aktif namun dalam waktu yang tidak lama bandara yang diharapkan akan memacu perekonomian di Blora itu mati suri.

Untuk menjawab keraguan yang selama ini ada, jangan-jangan nasibnya seperti bandara di Purblingga, satu resep yang cespleng adalah bagaimana Pemkab Blora menciptakan sistem yang membuat pelanggan atau konsumen bandara tidak berkesempatan untuk mengeluh.

Baca Juga :  Command Center VS Mental Adhang-Adhang Tetese Embun

Misalnya, perlunya ditinjau ulang jadwal penerbangannya. Jika direncanakan jadwal penerbangan dilakukan seminggu dua kali, yakni Senin dan Jumat, pertanyaannya, baik Citilink maupun Pemkab Blora akan menggarap Halim atau Ngloram ?

Karena, mutlak untuk menyesuaikan jadwal perilaku calon pelanggan. Satu contoh, hari apa mereka akan beraktifitas di Jakarta dan hari apa pula mereka akan beraktifitas di Cepu  (Blora). Ini akan menjadi faktor penting untuk menentukan kelangsungan penerbangan Jakarta – Ngloram PP.

Angkutan Terintegrasi

Satu lagi, sudahkah Pemkab Blora menyediakan angkutan terintegrasi Blora Kota – Bandara dan Randublatung – Bandara. Ini merupakan sebuah keharusan. Karena tanpa menggarap angkutan terintegrasi itu, tentu akan muncul banyak peluang para pelanggan Bandara mengeluh. Puncaknya mereka akan enggan lagi menggunakan angkutan udara dari Ngloram.

Penyediaan angkutan yang terintegrasi itu sebenarnya bisa diatasi dengan cara sederhana. Yakni dengan menyiapkan BUMD yang akan mendampingi Angkasa Pura (selaku operator Bandara Ngloram). Selanjutnya melakukan koordinasi  dan membahas bisnis apa yang bisa dilakukan BUMD Blora dalam rangka menjamin kelangsungan penerbangan di Ngloram. Jangan sebatas ikut jual tiket.

Kali ini atau tidak sama sekali. Dengan memperhatikan faktor jadwal penerbangan, angkutan terintegrasi, upaya untuk menggandeng calon pelanggan dari Kabupaten tetangga memanfaatkan keberadaan Bandara Ngloram sangatlah mudah.

Rumusnya, jika tidak ada lagi potensi keluhan pelanggan, secara otomatis pula  dari Bojonegoro, Tuban, Rembang, Ngawi, hingga Grobogan akan terpikat untuk memanfaatkan Bandara Ngloram sebagai sarana menjalankan aktifitas mereka.

Baca Juga :  Ketika Kepala BKKBN, Bupati dan Anggota DPR  Langsir Hebel Untuk Bangun Dapur Warga

Bukannya berprasangka, sebuah keniscayaan, tentu ada pihak-pihak yang berharap Bandara Ngloram gagal. Semua itu bisa “dilawan” dengan melakukan sesuatu, sehingga tidak ada peluang pelanggan atau calon pelanggan mengeluh.

Sekali lagi semua inginkan  Bandara Ngloram sukses. Fasilitas yang ada boleh dibilang mumpuni, mulai dari  landasan 1600 Meter yang sudah mantap dan beberapa kali uji coba.  Terminal sudah jadi, dan penataan  halaman serta akses jalan masuk tinggal penyelesaian. Tidak ketinggalan Pertamina juga sudah siap menyediakan pengisian bahan bakar pesawat di bandara.  *)

No More Posts Available.

No more pages to load.