Syukur dan Sabar Kunci Kebahagian

oleh -12 Dilihat
Santoso Budi Susetyo
Oleh : Santoso Budi Susetyo

KEBAHAGIAAN menjadi tema utama sepanjang sejarah kehidupan manusia. Untuk meraihnya manusia akan melakukan dan menjadi apa saja.

Sejatinya kebahagiaan itu relatif. Standar bahagia orang berbeda- beda. Pejabat rakyat, kaya miskin, di kota di desa semua berhak merasakan. Ini bukan sekedar kata-kata manis di bibir saja. Kembali bagaimana standar kebahagiaan yang ditentukan. Semakin tinggi standarnya berarti semakin membuka potensi kesengsaraan.

Masalah dalam kehidupan itu pasti adanya. Kadang kenyataan yang ada di luar harapan . Kesadaran bahwa manusia tidak berkuasa atas kehidupannya menjadi fondasi utama untuk menerima keadaan.

banner 278x90

Iman dan pengetahuan harus mendasari setiap ikhtiar yang dijalankan agar tetap sabar dan sukur dalam setiap capaian. Inilah jalan utama kebahagiaan.

Dave mustaine tetap berurai air mata dan merasa gagal padahal group musik heavy metal Megadeth yang dibidani sukses mendunia. Dia tidak bahagia karena mengalahkan Metallica adalah kesumat dan obsesi yang belum bisa dilampauinya.

Pete Best adalah drummer The Beatles. Tapi dipecat menjelang group musik ini tenar mendunia. Sempat merasa hancur hidupnya. Tetapi akhirnya dia memilih standar nilai yang lebih ringan yang membuat bahagia.