Bibi Hastuti Kunjungi Ibu-Ibu Fatayat NU Pilang Randublatung

oleh -1101 Dilihat

BLORA, topdetiknews.com – Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Dapil 3 Kabupaten Blora Bibi Hastuti menjelaskan momentum Hari Santri Nasional merupakan peringatan untuk meneladani perjuangan santri sebagai pahlawan nasional dan salah satu komponen yang ikut memerdekakan NKRI.

Demikian penjelasan Mbak Bibik saat di wawancarai wartawan media haloblora.co tentang Hari Santri Nasional.

“Secara historis Hari Santri Nasional merujuk pada peristiwa Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 yang kemudian melahirkan Hari Pahlawan pada 10 November,” jelas politikus PDI Perjuangan asal Tanggel Randublatung tersebut.

Anggota DPRD PDI Perjuangan yang suka menyambangi masyakat ini lebih lanjut menerangkan, peringatan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo di Masjid Istiqlal Jakarta.

Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri Nasional karena mengingatkan pada Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama yang dicetuskan oleh Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari. Resolusi Jihad ditandatangani pada 22 Oktober 1945.

Baca Juga :  Ikuti Event Gowes 1.100 KM, Mbah Imam Minta Doa Bupati

Akhirnya Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Tanggal tersebut akan mengingatkan pada perjuangan para santri saat mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Sekarang ini, sejak 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional pada tahun 2015 lalu, menjadi refleksi bagi golongan santri dan bangsa untuk mengingat kembali sejarah perjuangan kaum pondok pesantren dalam berjuang melawan penjajah. Menjadikan sebuah filosofi Santri Sehat Indonesia Kuat,” terang Bibi Hastuti.

Pada peringatan Hari Santri tahun 2022 ini yang bertemakan Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, Bibi Hastuti berharap, Hari Santri Nasional sebagai momentum berbenah dan menempatkan diri untuk berdayaguna sebab santri saat ini dihadapkan pada situasi yang lebih berat dengan adanya perubahan global yang masif.

“Khususnya para santri di Kabupaten Blora,Hari Santri Nasional menjadi momentum untuk berbenah meningkatkan kualitas sumber daya manusia santri untuk menjawab dan menghadapi tantangan dan perubahan global,” tuturnya.

Baca Juga :  ''Di Tahun Ke Dua Hilang Komunikasi''

Diakhir kunjunganya Mbak Bibik yang juga alumni pondok Pesantren Darul Ulum Jombang ini memberikan 1set peralatan hadroh ibu-ibu Fatayat NU Dukuh Bulaan Desa Pilang Kec.Randublatung 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.