Pawai Budaya Kelas Desa di Blora Ini Cukup memukau Masyarakat

oleh -674 Dilihat
Kades Kawengan, Sutarno bersama Istri menaiki kereta melewati jembatan desa Kawengan. || Foto. topdetiknews.com/Muji

BLORA, topdetiknews.com – Ada yang menarik dalam perayaan HARI KEMERDEKAAN RI ke-78 ala Desa Kawengan, Sabtu (26/8). Warga mulai anak-anak sampai tua ikut melakukan pawai dengan mengenakan berbagai jenis pakaian, mulai dari pakaian adat tradisional hingga kostum yang memukau. Aksi mereka pun menarik perhatian masyarakat sejak pagi hingga menjelang sore hari.

Masyarakat desa kawengan dan sekitarnya tumplek blek di jalanan kanan-kiri jalan. Sepanjang Jalan Kawengan, dan mengelilingi desa kawengan start dan finish didepan balai desa Kawengan. Mereka sudah menanti pawai ini sejak pukul 7 pagi hingga pukulh 14.00 sore.

Sementara ada pengunjung yang menyaksikan pawai tersebut dari luar blora, Gak mau disebut namanya Ia mengaku dari pati dan kebetulan ada tugas khusus di desa Kanwengan tersebut.

Blora ini wajib bangga punya warga yang kompak seperti Desa Kawengan. Karena, aksi pawainya terbilang maksimal.

“Saya dari Pati kedesa ini ada tugas lkhusus untuk desa kawengan, ya ada hubungannya dengan pawai ini,” ungkapnya sambal tersenyum.

“warga masyarakatnya cukup kompak, dari anak-anak sampai orang tua berbondong-bondong keluar rumah hanya untuk ikut kegiatan pawai sebagai wujud  dudkungannya dengan pemerintahan desa,” kata warga asal Pati ini.

Baca Juga :  Bupati Arief Rohman Hadiri Acara HUT Paguyuban Tiyang Blora 17 di Balikpapan

Kepala Desa Kawengan Sutarno mengungkapkan, gerak jalan kreasi atau pawai ini menjadi bukti bahwa warga Desa Kawengan punya kerukunan yang luar biasa. Apalagi, setiap RT/ RW menampilkan budaya yang sangat beragam dan patung-patung simbul binatang dan gedung tempat kerja mereka.

“Acara ini sebagai pemersatu warga desa kawengan, dengan momen seperti ini warga bisa bersatu kompak untuk memeriahkan acara Kemerdekaan RI ke-78 ala Kawengan Dan antusiasnya warga luar biasa terhadap rangkaian Hari kemerdekaan ke-78 ini,” terangnya.

Ia juga menjelaskan kalua pawai tersebut ada hadiahnya, untuk membuat lebih semangat warganya.

“kegiatan ini juga kita siapkan 5 dewan juri yang dari anak-anak KKN, untuk menilai setiap regu, RT/RW ,” jelasnya.

Kades Kawengan menjelaskan hadiah yang akan dikeluarkan untuk kegiatan pawai  tersebut. Katanya Juara 1 hadiah 3Juta rupiah, Juara 2 hadiah 2 Juta rupiah, Juara 3, Hadiah 1 Juta rupiah, Harapan 1 hadiah 750 ribu rupiah, Harapan 2 Hadiah 500 ribu rupiah, Harapan 3 Hadiah 250 ribu rupiah, dan yang belum beruntung kita kasih subsidi dengan besaran yang tidak disebutkan.

Baca Juga :  KPU Serukan Warga Blora Untuk Nyoblos Pemilu 2024

ia percaya bahwa keberagaman justru menjadi kekuatan bersama untuk saling menghargai satu sama lain.

“Kami ingin masyarakat Desa Kawengan Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Jawa Tengah selalu rukun dan sejahtera,” harapnya. 

Tinggalkan Balasan