KPU Sampaikan Persamaan dan Perbedaan Pemilihan Ketua OSIS dengan Pemilihan di Pemilu

oleh -609 Dilihat
Ahmad Mustakim, Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Blora

BLORA, topdetiknews.com – Selasa (14/11/2023) KPU Kabupaten Blora, menjadi Narasumber Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema “Pelajar Berdemokrasi” yang di selenggarakan oleh SMP Plus Insan Gemilang.

Ahmad Mustakim selaku Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Blora menyampaikan pentingnya pengertian berdemokrasi dalam pemilu untuk generasi siswa-siswi sebagai pemilih pemula nantinya.

“Kami sampaikan terkait pengetahuan tentang Pemilu kepada mereka. Hal ini sebagai hasanah pengetahuan terkait cara berdemokrasi memilih kepemimpinan di Indonesia,” ucap Ahmad Mustakim.

Mustakim menerangkan, persamaan dan perbedaan antara cara memilih di pemilu dengan cara memilih kepemimpinan di OSIS.

“Secara konstitusi memiliki persamaan, hanya secara regulasi lebih kompleks pemilu, sedang OSIS lebih sederhana,” terang Ahmad Mustakim.

Baca Juga :  Sosok Nafis (Blora) Peraih Medali Emas Porprov Jateng 2023

Menurut Mustakim, siswa yang sudah mengikuti atau menjadi bagian dari OSIS merupakan orang pilihan.

“Karena tidak semua siswa mau berproses disitu, dengan berorganisasi sejak dini menjadikan penempaan diri, termasuk membangun pola pikir secara organisatoris dan lebih sistematis,” terang Ahmad Mustakim.

Mustakim juga berpesan, agar teman-teman siswa SMP Plus Insan Gemilang tetap giat dan fokus dalam pembelajaran.

“Karena dengan mengikuti kegiatan diluar pembelajaran seperti OSIS, ini akan menjadi tambahan tugas dan belajar di luar pembelajaran yang sudah dalam kurikulum,” pesan Mustakim. ***

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.