Demi Kemajuan BUMD, Bupati Nekat Ke Magelang untuk Belajar

oleh -585 Dilihat

MAGELANG, Topdetiknews.com – Tak kenal lelah, Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP, M.Si, terus melalang untuk memajukan Blora. Kali ini, orang nomor satu di Blora itu “nglurug” ke Magelang, dalam rangka belajar pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Rabu (8/6/2022).

Cukup beralasan kenapa Bupati Arief yang disertai Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Blora, Kepala OPD, pimpinan BUMD di Blora, Kepala Bagian Perekonomian dan Kepala Bagian Hukum itu, melakukan studi tiru BUMD di Magelang.

Pasalnya, Magelang memiliki beberapa BUMD yang sudah maju dan mampu menyumbang PAD dengan angka cukup besar. BUMD tersebut adalah PT BPR Bank Bapas 69, PT Aneka Usaha Kabupaten Magelang, dan Perumda Air Minum Tirta Gemilang.

Di acara yang berlangsung di Kantor PT BPR Bank Bapas 69 Magelang itu, Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, kedatangannya ke Magelang selain untuk menjalin silaturahmi sekaligus ingin ngangsu kawruh, belajar, terkait dengan BUMD yang ada di Kabupaten Magelang.

” BUMD di Magelang sudah maju, kami ingin meniru apa-apa yang sudah dilakukan Magelang dalam rangka pembinaan BUMD,” terang Bupati.

Diharapkannya, melalui studi tiru ini Pemerintah Kabupaten Blora bisa memperoleh ilmu-ilmu, dan wawasan yang bermanfaat untuk pengelolaan BUMD yang lebih baik. Endingnya BUMD di Kabupaten Blora semakin berkontribusi untuk kemajuan perekonomian daerah.

Baca Juga :  Tambah 3, Penderita Covid -19 di Blora Menjadi 24 Orang
Sumbang PAD

Sekda Kabupaten Magelang, Drs. Adi Waryanto dan jajaran yang menerima rombongan Bupati Blora, mengungkapkan, sektor pariwisata dan BUMD memiliki peran penting dalam mendorong ekonomi kerakyatan sekaligus penyumbang pendapatan bagi daerahnya.

“PAD Kabupaten Magelang juga berasal dari optimalisasi pengelolaan BUMD dimana keberadaannya ini sangat membantu dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Magelang,” papar Sekda Adi Waryanto.
Diterangkan, ada tiga BUMD yang kepemilikannya sepenuhnya oleh Pemkab Magelang. Masing-masing PT BPR Bank Bapas 69, PT Aneka Usaha Kabupaten Magelang, dan Perumda Air Minum Tirta Gemilang.

Berkaitan dengan kontribusi dari sejumlah BUMD tersebut, lanjut Sekda Adi, untuk Bank Bapas 69 telah memberikan kontribusi berupa dividen tahun 2022 atas hasil usaha tahun 2021 sebesar 14,5 miliar. Sedangkan Perumda Air Minum Tirta Gemilang telah memberikan kontribusi dividen tahun 2022 atas hasil usaha tahun 2021 sebesar 3,6 miliar rupiah.

Terpisah, Direktur BPR Bapas 69, Rohmad Widodo, S.E, juga menceritakan pengalamannya berkaitan dengan BUMD-nya. Dikemukakan, Bapas berdiri sejak tahun 1969 dan mengalami perkembangan yang cukup signifikan sejak tahun 2007.

Baca Juga :  Nyalon Bupati, Arief Pamitan ke ASN Setda

“Awal mula berkembangnya kami di tahun 2007 sejak mendapat amanah dari Pemda untuk penyaluran gaji perangkat desa, saat itu kami masih di aset Rp 150 miliar,” jelas Rohmad Widodo.

Amanah dari Pemkab Magelang itu memberikan multiplier effect untuk perkembangan BPR Bapas 69. Yakni, dari 2007 yang sampai saat ini sudah berkembang menjadi Rp 1,3 triliun .

Ditambahkan, keseriusan Pemda dalam mendukung perkembangan Bank Bapas 69 terus dilakukan. Akhir-akhir ini diamanahi oleh Pemda untuk penggajian PPPK, termasuk GTT dan supporting staff. *)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.