Demam Berdarah di Blora Merebak, Kadinkes Edy Minta Warga Rajin PSN

oleh -388 Dilihat
oleh
Illustrasi : Istimewa

BLORA, topdetiknews.com –  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edy Widayat menghimbau kepada warga untuk rajin melakukan gerakan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN) mengingat merebaknya serangan penyakit yang penyebarannya melalui Aedes Aegypti itu.

‘’Jangan mengandalkan fogging untuk memerangi Demam Berdarah. Yang paling efektif justru warga rajin melakukan PSN, dan itu dilakukan secara serentak di lingkungan,’’ tandas Edy Widayat, Rabu (31/1/24), menanggapi merebaknya penyakit Demam Berdarah di Blora akhir-akhir ini.

Diketahui, Awal tahun 2024 lonjakan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) cukup tinggi. Selama bulan Januari ini saja, tercatat jumlah warga Blora yang terserang  penyakit yang penyebarannya melalui nyamuk Aedes Aegypti itu mencapai 159 orang.

Dijelaskan Kabid Pencegahan & Pengendalian Penyakit (P3) Dinkes Blora,  Prih Hartanto ST, sebenarnya dari laporan yang masuk, selama bulan Januari 2024 ini jumlah kasus Infeksi sebanyak 450 kasus. Hanya dari jumlah itu, yang positif DBD  sebanyak  159 orang, DD 274 orang, dan DSS sebanyak 17 orang. Diketahui, DD adalah  seseorang terindikasi terkena demam dengue namun masuk kategori belum parah.

Baca Juga :  Dorong Optimalisasi Bandara Ngloram, Kemenhub  Survei  ke Blora

Menurut Kadinkes Edy Widayat, PSN merupakan bagian intervensi lingkungan dalam upaya pengendalian penyakit DBD yang dikenal dengan kegiatan PSN melalui 3 M Plus.

‘’Yakni menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, dan penampung air lemari es. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum dan kendi, juga memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.”

Plus-nya, lanjut Edy,  warga bisa menaburkan bubuk abate pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk. Ditanya kriteria fogging ? Ditandaskan, jika memang di suatu wilayah ditemukan ada kasus, segera lapor ke Puskesmas, dan jika diklarifikasi adanya kasus Demam Berdarah, dipastikan petugas dari Dinkes akan melakukan fogging.  ***

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.