Baru Nyadar Pentingnya Lembaga Sekolah

oleh -114 Dilihat
Santoso Budi Susetyo S.Sos (Foto/dok)

Oleh : Santoso Budi Susetyo S.Sos

BEGITU banyak perbincangan dan tulisan tentang dahsyatnya dampak wabah Covid-19 yang mendunia. Terjadi perubahan yang serba mendadak tanpa perencanaan. Hampir semua sektor porak poranda. Pontang-panting untuk bisa mengendalikan dan bertahan. Beban derita kerugian tak terperikan setiap hari diberitakan.

Semua sepakat pendidikan sebagai pilar penting peradaban harus tetap berjalan. Masa seperti ini menjadi tantangan baru dalam dunia pendidikan yang harus segera dijawab dan dipecahkan.

banner 278x90

Pembelajaran sistem daring menjadi jawaban cepat, mudah tetapi terasa instan. Belum ada konsep yang akurat sebelumnya apalagi uji kelayakan. Tak ayal bongkar pasang format pembelajaran daring menjadi hal yang dimaklumkan.

Beruntungnya ini adalah jaman 4.0. Teknologi digital bukan sebuah hal yang asing juga bukan kemewahan . Guru dan siswa sudah akrab dengan berbagai fasilitas dan aplikasi yang disediakan. Dengan modal kuota internet interaksi jarak jauh bisa dilakukan layaknya berhadapan. Pemberian dan pengerjaan tugas relatif lancar tanpa hambatan.