Wouww .. Diperagakan Istri Ganjar Pranowo, Batik Blora Tampil Memukau di  SFT 2022

oleh -
Foto : dok. Prokopim Blora

” TAMPIL dengan batik tulis Blora motif bunga, dikombinasikan dengan kain hitam dan sedikit sentuhan lurik, Siti Atikoh Ganjar Pranowo pun tampil anggun melenggak lenggok di atas catwalk, disaksikan seluruh tamu undangan di acara yang dihelat  di studio kreasi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang. ”

SEMARANG, topdetiknews.com – Setelah beberapa bulan lalu sukses tampil di Muslim Fashion Festival 2022 di Yogyakarta, produk lokal karya pembatik Blora kembali tampil mempesona dalam ajang Semarang Fashion Trend (SFT) 2022, Jumat (5/8/2022)  malam.

Tidak tanggung-tanggung, produk batik  Snap dan Een Productions Blora itu,  diperagakan langsung oleh model yang spesial. Yakni Ibu Siti Atikoh Apriyanti, Ketua Dekranasda Jawa Tengah yang istri Gubernur Ganjar Pranowo.

banner 278x90

Tampil dengan batik tulis Blora motif bunga, dikombinasikan dengan kain hitam dan sedikit sentuhan lurik, Siti Atikoh Ganjar Pranowo pun tampil anggun melenggak lenggok di atas catwalk, disaksikan seluruh tamu undangan di acara yang dihelat  di studio kreasi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang.

Tidak hanya Siti Atikoh, batik Blora juga diperagakan para wanita hebat Jawa Tengah di ajang SFT 2022 itu. Diantaranya Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita (Wakil Walikota Semarang), kemudian Dra. Ema Rachmawati (Kepala Disperindag Jateng), Hj. Ainia Shalichah (Ketua Dekranasda Blora).

Ada juga Ibu Dian Rahmat Dwisaputra (istri Kepala Bank Indonesia perwakilan Jateng) dan Ibu Siti Aminah Aman Santosa (istri Kepala OJK Jawa Tengah). Semuanya tampil anggun semalam, dan mendapatkan tepuk tangan gemuruh dari penonton yang memenuhi studio.

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si. bersama Kepala BI Jateng Rahmat Dwisaputra, dan Kepala OJK Jawa Tengah Aman Santosa juga tampil ke atas panggung saat pembukaan fashion show. Ketiganya juga mengenakan batik Blora.

Baca Juga :  2 BLKK Diresmikan Mbak Etik dan Edy Wuryanto

Dukung UMKM

“Bagus, batik Blora ini sekarang semakin bagus. Terimakasih saya sudah didesainkan. Tadi juga enak dipakai saat tampil di catwalk. Semoga batik Blora terus berkembang berinovasi menampilkan motif motif yang lebih khas daerah. Ini binaannya Ibu Ainia, Ketua Dekranasda Blora dan Pak Bupati yang semangatnya luar biasa dalam mendukung UMKM,” ucap Siti Atikoh Ganjar Pranowo.

Sebenarnya dirinya baru saja dari Banjarnegara mau ke Solo, namun karena ada undangan fashion show batik Blora dan sudah didesainkan. Maka hadir ke Semarang dulu.

“Sukses untuk Batik Blora, senang rasanya produk produk UMKM lokal bisa tampil dengan baik di ajang besar seperti ini,” tambah Siti Atikoh.

Adapun Kepala BI Perwakilan Jateng, Rahmat Dwisaputra, yang menjadi penggagas acara fashion show batik Blora di event SFT, rangkaian Festival Jateng Syariah 2022, menerangkan, bahwa pihaknya memandang batik Blora sebagai alternatif baru potensi produk batik yang patut dipromosikan di Jawa Tengah.

“Selama ini kita tahu batik merupakan warisan dari zaman kerajaan di pedalaman Jawa seperti Solo dan Yogyakarta, kemudian berkembang ke wilayah pesisir utara seperti Pekalongan, Lasem Rembang, dan sebagainya. Nah Blora ini belum banyak dikenal, padahal potensi batiknya bagus, motifnya lebih berani dan warnanya lebih beragam. Sehingga kami pilih untuk tampil disini, dan didukung penuh Pak Bupati bersama Ibu. Ini wujud dukungan kami pada pengembangan UMKM di Jawa Tengah,” terang Rahmat Dwisaputra.

Bupati Arief Rohman pun merasa senang dan mengapresiasi terselenggaranya fashion show batik Blora bersama BI Jateng di SFT 2022.

Baca Juga :  Di Blora Ada Desa Dengan 400 Target Vaksin Covid-19 Yang Hadir Hanya 49 Orang

“Batik Blora Top Banget….!! Berhasil dipilih Bank Indonesia Perwakilan Jateng untuk tampil dalam acara Semarang Fashion Trend. Suatu kehormatan bagi Blora bisa tampil di depan banyak pecinta fashion Jawa Tengah, bahkan nasional,” ucap Bupati Arief.

“Maturnuwun Ibu Siti Atikoh Ganjar Pranowo, Mbak Ita Wakil Walikota Semarang, Bu Ema Kepala Disperindag Jateng atas dukungannya. Dan tentunya terima kasih kepada BI Perwakilan Jateng yang telah memilih Batik Blora untuk tampil, dari sekian banyak Batik di Jawa Tengah,” lanjut Bupati.

Menurut Bupati Arief, produk Batik Blora yang dipilih Bank Indonesia untuk ditampilkan dalam event kali ini adalah Batik Snap dan Een Productions. Bank Indonesia juga telah memfasilitasi pembayaran non tunai di setiap pembelian batik Blora, cukup klik melalui aplikasi QRIS di Batik Snap dan Een Productions.

“Semoga perajin Batik Blora lainnya kedepan bisa ikut kita kembangkan, dan kenalkan ke kancah nasional. Kita juga sedang berupaya agar batik Blora bisa tampil fashion show di Jakarta bekerjasama dengan para diaspora. Mungkin nanti di TMII atau tempat lain. Karena potensi batik Blora ini sangat banyak dan beragam. Ada juga Nimas Barokah, batik Krajan Cepu, batik ciprat Difabel Kunduran, dan lainnya. Majulah Batik Blora…!! Bismillah kami optimis UMKM Blora Naik Kelas…!!,” pungkas Bupati.

Selain fashion show, dalam event Semarang Fashion Trend itu, juga diselenggarakan pameran produk UMKM mulai 4 Agustus hingga hari ini 6 Agustus 2022. Beragam kain dan baju batik Blora dari Batik Snap dan Een Productions ditampilkan. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

No More Posts Available.

No more pages to load.