Pabrik Biomassa Mulai Petakan Potensi di Blora, Akan Operasional Pertengahan 2026

oleh -651 Dilihat
oleh
PAPARAN : Perwakilan dari PT Maharaksa Biru Energi Tbk, yang akan mendirikan pabrik Biomassa di Blora paparkan program ke Bupati Blora, H. Arief Rohman, di ruang Setda Blora.

BLORA, topdetiknews.com – Menindaklanjuti MoU yang sudah dijalin antara Pemkab Blora dengan Pabrik Biomassa PT Maharaksa Biru Energi Tbk pada Rabu (29/11/2023) lalu, perwakilan dari PT Maharaksa Biru mulai melakukan tinjauan di wilayah Blora untuk petakan potensi selama beberapa hari kedepan.

Diketahui, Pabrik Biomassa yang diprakarsai PT Maharaksa Biru Energi Tbk segera berdiri di Blora. Pemkab Blora telah melakukan penandatanganan MoU dengan PT tersebut dan direncanakan pertengahan 2026 pabrik sudah siap operasional.

MoU bersama dalam hal pengembangan proyek bidang energi terbarukan (Wood chip/ Sawdust dan bio compressed natural gas) itu dilakukan langsung oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman dengan Direktur Utama PT Maharaksa Biru Energi Tbk, Bobby Gafur Umar, di aula lantai 15 gedung treasury tower Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Widi, salah satu perwakilan dari PT Maharaksa Biru Energi Tbk, menjelaskan, beberapa hari kedepan akan melakukan tinjauan di beberapa wilayah di Blora. “Ada beberapa wilayah yang sudah kami survei salah satunya di wilayah Barat, “ jelasnya, Rabu (17/01/2024) saat koordinasi di ruang pertemuan setda Blora.

Dikemukakan, PT Maharaksa Biru Energi Tbk sangat ingin berinvestasi di Blora. 0leh karena itu pihaknya terus follow up MoU yang telah dilakukan pada November 2023 lalu. “Jadi kami berkomitmen untuk mengmebangkan proyek bio energy dan saat ini kami sudah mou dengan PLN dan menjadi salah satu pemasok besar PLN. Targetnya, dalam 2 tahun ini produksi mencapai 1 juta ton / tahun.”

Baca Juga :  Kiswati Raih All New Ertiga GL Undian Panen Hadiah Simpedes BRI Cepu

menurut Widi, target itu tentu tidak ringan dan pihaknya mencoba memenuhinya. Untuk itu pihaknya berharap dari Blora minimal bisa ikut menyumang 300 ribu Ton / tahun. Dikatakan Selain di Blora, PT Maharaksa Biru Energi Tbk juga sudah mendirikan pabrik di Bangka.” Semoga ini nanti jika sudah berdiri tentunya akan bermanfaat juga untuk wilayah Blora.”

Dikatakan pula, pihaknya sudah mulai menyusun rencana pengembangan bisnis Bio-CNG (Compressed Natural Gas) dari limbah pertanian yang berlimpah di Blora. Baik jerami, gabah dan jagung. “Daerah Blora ternyata menyimpan potensi limbah pertanian yang sangat besar, tentu setiap wilayah ini banyak potensinya,” papar Widi.

Ditambahkan, pabrik Biomassa yang akan digarap OASA di Blora akan menghasilkan wood chip yang nantinya akan dipasok sebagai bahan co-firing untuk PLTU Rembang. “Disini sebetulnya ada 2 project jadi satu proyek suplai ke PLN yaitu serbuk kayu dan ini sudah ditunggu , sehingga kami butuh data data kayu, namun demikian tentunya kami tidak hanya menebang tapi juga akan menanam dengan melakukan suatu sistem hutan lestari sehingga tidak merusak lingkungan,” imbuhnya.

Menyambut Baik

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman menyambut baik dan mengucapkan selamat datang pada tim dari PT Maharaksa Biru Energi Tbk yang sudah mulai bergerak menindaklanjuti kerjasama dengan Pemkab Blora.

“Saya atas nama Pemkab Blora mengucapkan selamat datang di Blora semoga MoU yang sudah dilaksanakan segera bisa di follow up dan memberikan manfaat bagi Pemkab Blora. Ini investasi yang ramah lingkungan tentu harapnya bisa memberikan dampak positif untuk masyarakat juga,” terang Bupati.

Baca Juga :  Andai ONH  Jadi  Rp 69 juta ...

Orang nomor satu di Blora itu mengaku, saat ini Pemerintah Kabupaten Blora sangat konsen dalam isu-isu lingkungan. Seperti diketahui bahwasanya biomassa ini menjadi tren, dan Blora salah satu daerah yang dipandang memiliki potensi tersebut.

“Oleh karena itu saya minta seluruh stakeholder yang hadir, OPD terkait, dan teman-teman perhutani, semua yang ada potensi bisa dipetakan di seluruh wilayah Blora. Saya yakin potensi yang ada ini nantinya diharapkan bermanfaat dan memiliki nilai tambah untuk masyarakat.”

“Saya kira ini isu yang menarik. Kami siap ketika nanti di tempat kami sukses untuk ekspansi lebih luas lagi. Tidak hanya Blora, melainkan kabupaten- kabupaten sekitar akan kita ajak bersama sama untuk mensukseskan,” pungkas Bupati Arief. ***

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.