Orang Hebat di IPB Segera Turun Gunung ke Blora Bantu Pembangunan Pertanian

oleh -689 Dilihat
Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si. (Jongkok)

BOGOR, Topdetiknews.com – Tidak banyak yang tahu bahwa dosen, profesor yang saat ini masuk kategori orang hebat di Institut Pertanian Bogor (IPB) ternyata berasal dari Blora. Mereka akan turun gunung membantu kembangkan potensi pertanian di Blora.

Usai melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama antara IPB Bogor dengan Pemkab Blora, Jumat siang (22/7/2022), Rektor IPB), Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si., pastikan IPB akan membantu Kabupaten Blora dalam mengembangkan potensi pertaniannya.

“Saya senang sekali, karena kebetulan beberapa dosen dan profesor di IPB ini berasal dari Blora. Jadi orang hebat di IPB ini sebagian dari Blora. Dan kita berharap mereka bisa memberikan kontribusi dalam memajukan Blora,” ungkap Rektor Prof. Arif Satria di depan Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.

Apalagi, lanjutnya, Bupati Blora saat ini juga sangat visioner dan memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan daerahnya bersama para diaspora. Sehingga pihaknya akan sangat mendukung untuk kolaborasi dengan IPB Bogor.

“Pak Bupati Blora saat ini sangat visioner, sangat open mind. Jadi kami senang sekali. Saya senang ketemu Bupati yang seperti Mas Arief ini. Namanya sama sama Arif ini. Yang sangat open minded, ini jadi modal kita untuk berkolaborasi. Kalau Bupatinya semangat, kita IPB juga semangat bantu,” lanjut Rektor IPB.

Dikemukakan Prof. Arif Satria, banyak program yang nantinya bisa dikerjasamakan dengan Kabupaten Blora. Seperti program Dosen Pulang Kampung, pelatihan dan pendampingan Pertanian Milenial, Start-up School, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :  Berikan 1.295 Layanan di  Festival Investasi dan Job Fair

“Usai penandatanganan MoU ini akan segera kita minta tim IPB untuk mendiskusikan program kerjasama nya secara konkrit bersama timnya Pak Bupati. Kita berharap keberadaan IPB bisa memberikan manfaat untuk Kabupaten Blora. Bersinergi, berkolaborasi untuk maju bersama,” pungkasnya.

Sesarengan
Saat berada di IPB, Bupati, Wakil Bupati dan rombongan diajak untuk berkeliling kebun Agribusiness and Technology Park IPB. Melakukan peninjauan persemaian bibit tanaman, panen melon, hingga berkebun bersama.

“Maturnuwun, terimakasih sekali lagi kepada Pak Rektor Arif yang sangat menginspirasi kami. Semoga kedepan Blora semakin maju dengan dukungan IPB Bogor. Sesarengan mBangun Blora bersama IPB,” ucap Bupati Arief.

Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini juga menyampaikan bahwa saat panen melon, pihaknya juga bertemu dengan Hermawan Kartajaya.

“Pak Hermawan ini senior kami yang kini aktif sebagai konsultan perdagangan dan branding kota, ahli pemasaran dunia, sekaligus Founder and Chairman MarkPlus Inc (Perusahaan Marketing Internasional). Kita belajar banyak tentang pembangunan pertanian yang sehat, sekaligus belajar pemasaran produk produk pertanian agar petani memiliki pasar yang pasti dan tidak rugi,” terang Bupati.

“Dengan jaringan pemasaran IPB Bogor dan MarkPlus yang tidak diragukan lagi. Semoga dapat kita terapkan untuk Kabupaten Blora. Membranding Blora jadi pusat Buah Lokal Nusantara,” tambah Bupati.

Bupati Arief juga sempat berkeliling berkebun ditemani Prof. Dr. Ir. Suryo Wiyono, M.Sc.Agr., Plt. Dekan Fakultas Pertanian IPB Bogor yang juga alumni SMA Negeri 1 Cepu.

Baca Juga :  TPPKK lakukan Pembinaan Kader wilayah Kedungtuban

“Kita belajar berkebun hidroponik dan kebun buah yang sehat tanpa pupuk kimia namun hasilnya cukup menguntungkan bagi petani. Di kebun ini, pelakunya adalah adik adik mahasiswa Fakultas Pertanian IPB Bogor,” jelas Bupati.

“Nantinya akan kita undang ke Blora untuk memberikan pelatihan Petani Milenial, agar para pemuda Blora juga tertarik membuka peluang usaha bertani yang sehat dan menguntungkan. Apalagi jika pasarnya sudah dijamin harganya,” pungkas Bupati.

Selain Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST., MM., kunjungan Bupati ke IPB Bogor ini juga didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan, serta Kepala Dinsos P3A.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.