Meski Sudah Siap, Keberangkatan 608 Calon Haji Blora ke Mekah Belum Ada Kepastian

oleh -492 Dilihat
oleh
Drs. H. Dwiyanto

”SEGALA urusan administrasi, termasuk Paspor sudah beres, namun demikian nasib 608 Jamaah Calon Haji (JCH) Blora  tahun 2021 belum ada kepastian, apakah bisa berangkat tahun ini atau tidak. Hal itu disebabkan hingga saat  ini belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi…”

BLORA, topdetiknews.com – Meski segala urusan administrasi, termasuk Paspor sudah beres, nasib 608 Jamaah Calon Haji (JCH) Blora  tahun 2021 belum ada kepastian. Artinya, apakah bisa berangkat atau tidak di tahun ini.Hal itu disebabkan hingga saat  ini belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Blora, H. Dwiyanto, ketika dikonfirmasi Rabu (31/3/2021), menjelaskan, hasil rapat di Solo baru-baru ini, masih belum ada kepastian apakah jamaah haji tahun ini bisa berangkat atau tidak.

‘’Belum ada kepastian, namun demikian semua persyaratan administrasi untuk semua calon jamaah haji Blora yang dapat jatah berangkat tahun ini sudah beres. Sehingga sewaktu-waktu ada kepastian berangkat, diap,’’ tandas Dwiyanto.

Baca Juga :  GMM Optimis Dapat Memproduksi GKP Berkualitas Unggul

Untuk jumlah, jelasnya, semula jamaah calon haji semula 617, hanya saja dalam perjalanan berubah tinggal 608. Untuk yang 9 orang, sebagian ada yang meninggal dunia, sebagian lagi ada yang mutasi ke kabupaten lain.

Diketahui, di tahun 2020, berdasarkan keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H / 2020M, 625 calon jamaah haji (CJH) Blora kuota tahun 2020 gagal berangkat ke tanah suci.

Menurut Dwiyanto, di tahun itu, sebenarnya terlepas adanya pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun ini, sebenarnya pihak Kemenag Blora telah menyelesaikan semua urusan persiapan pemberangkatan jamaah haji Blora tahun ini.

”Persiapan kami untuk pemberangkatan calon jamaah haji Blora sudah selesai semua. Mulai urusan Paspor, pemeriksaan kesehatan, imunisasi Meiningitis dan persiapan administrasi lainnya, sebenarnya sudah selesai,” jelas Dwiyanto.

Hingga saat ini, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bora masih menunggu keputusan dan informasi dari pemerintah pusat dan maupun dari pemerintah kerajaan Arab Saudi tentang kepastian pemberangkatan calon jemaah haji 2021. Sambil menunggu keputusan itu, Kemenag Blora tetap melayani pendaftaran calon haji untuk daftar tunggu di tahun 2045 ke depan. *)

Penulis : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.