Menggagas Pendapa Kabupaten “Kembar” di Blora

oleh -
Foto : dok

” PERLU tanggap dan gerak cepat menyikapi  akan segera operasionalnya Bandara Abdurrahman Wahid (Bandara Ngloram), Cepu Oktober tahun ini. Termasuk  Pemkab Blora secara cepat pula membuat grand desain terkait dukungan Menteri BUMN, Erick Thohir soal Cepu akan dijadikan  pusat ekonomi Kabupaten Blora..”

PEMKAB Blora perlu tanggap dan gerak cepat menyikapi  akan segera operasionalnya Bandara Abdurrahman Wahid (Bandara Ngloram), Cepu Oktober tahun ini. Termasuk  secara cepat pula membuat grand desain terkait dukungan Menteri BUMN, Erick Thohir soal Cepu akan dijadikan  pusat ekonomi Kabupaten Blora.

Cepu mau didesain model apa kiranya perlu segera ada action, karena jika penerbangan komersil memang akan dilakukan Oktober tahun ini benar-benar terealisasi. Seperti apa yang diomongkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menyatakan keinginannya agar Oktober nanti sudah dibuka penerbangan komersial di Bandara Ngloram.

banner 278x90

Sebuah Impian yang akan menjadi kenyataan tentang prospek Cepu untuk menjadi pusat ekonomi Kabupaten Blora. Adanya pengharapan menggeliatnya sektor-sektor informal di Cepu dengan operasionalnya bandara di tempat itu. Terlambat untuk menangkap peluang bisa dikonotasikan hilang kesempatan yang biasanya tidak pernah datang dua kali.

Seperti dikemukakan Erick Thohir, bahwa Cepu akan menjadi  pusat ekonomi Blora, sementara Blora sendiri tetap menjadi pusat pemerintahan, sebuah gagasan, kenapa tidak Pemkab Blora membangun pendapa kabupaten di Cepu (pendapa kembar) lengkap dengan fasilitas pendukungnya.

Baca Juga :  Command Center VS Mental Adhang-Adhang Tetese Embun

Mengefektifkan peluang, dengan dibangunnya pendapa kabupaten di Cepu, kelak dengan operasionalnya Bandara Ngloram, banyak tamu dari pusat yang akan datang ke Blora, termasuk wisman yang terlibat di dunia perminyakan.

Mereka, yang menggunakan Bandara Ngloram, Mereka langsung akan diterima pejabat Blora di pendapa kabupaten yang ada Cepu.  Masih dalam satu paket, usai penyambutan diarahkan untuk menikmati aneka kuliner khas Blora yang disediakan di seputar area pendapa kabupaten. Masih dalam paketan pula, tawaran atau pengarahan para tamu ke sejumlah destinasi wisata di Blora, kenapa tidak dilakukan.

***

Diketahui, Menteri  BUMN Erick Thohir saat berkunjung ke Blora menyatakan akan mendukung  Cepu menjadi pusat ekonomi Kabupaten Blora. Termasuk mendukung rencana mengkonekkan Kereta Api dengan airport.

Di sela-sela kunjungan kerja tiga Menteri di Blora, masing-masing  Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir, Minggu (22/8) lalu, ada prospek pembangunan ekonomi di Blora yang luar biasa memang.

Bukan naif memang terkait gagasan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengharapkan Oktober tahun ini sudah bisa dibuka penerbangan umum di Blora, termasuk akan menggeser Stasiun Cepu ke depan bandara ini agar intermoda transportasinya bisa terwujud.

Hanya soal geser menggeser Stasiun KA kiranya perlu ditinjau kembali dari sisi realisasinya. Karena yang paling masuk logika adalah membuka jalur KA baru dari Bandara ke Stasiun KA Cepu yang ada. Terpenting upaya mengkonekan Bandara ke Stasiun KA bisa tercapai.

Baca Juga :  Dua Tahun Gagal Berangkat, Daftar Tunggu Haji Blora 27 Tahun

Semangat untuk Bupati Blora, H. Arief Rohman yang akan segera melangkah  bersama Pemda Bojonegoro, Tuban, Rembang, Grobogan dan Ngawi, untuk koordinasi terkait rencana akan segera operasionalnya  Bandara Ngloram. Termasuk koordinasi dengan beberapa perusahaan besar seperti Exxon, Pertamina, Semen Indonesia.

Sependapat dengan keoptimisan Bupati, bahwa pengguna transportasi udara melalui Bandara Ngloram tentu akan banyak. Melihat bahwa di Kabupaten Blora dan daerah sekitarnya banyak terdapat aset-aset milik pemerintah pusat maupun perusahaan-perusahaan swasta. *)

No More Posts Available.

No more pages to load.