Marjati, Sosok Kartini Japah Yang Harumkan Blora di Kancah Nasional

oleh -581 Dilihat
oleh
TERIMA PENGHARGAAN : Marjati ( nomor dua dari kanan), perempuan asal Japah. Blora, yang menerima penghargaan bidang sosial budaya tingkat nasional, bersamaan dengan peringatan hari Kartini tahun 2022.
  • Terima Penghargaan di Hari Kartini Tahun 2022

” KETUA Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora,  Hj. Ainia Sholichah, SH, M.Pd.AUD mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Marjati, yang menerima penghargaan di tingkat nasional. Ia berharap agar  diberikannya penghargaan ini mampu menjadi inspirasi dan motivasi perempuan-perempuan di Kab Blora untuk lebih maju.

INILAH sosok Kartini asal Japah, Blora yang ikut harumkan nama Blora di tingkat nasional.  Adalah Marjati, salah satu perempuan Blora yang mendapat penghargaan  dari 514 perempuan yang ada di seluruh Indonesia, yang mendapat penghargaan bersamaan peringatan hari Kartini, Kamis (21/4/2022).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju, kepada para perempuan di Indonesia yang dinilai berprestasi dan menginspirasi.

Usai menerima penghargaan, Marjati menyatakan, dirinya tidak menyangka bakal menerima penghargaan tingkat nasional itu.

“Terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada saya. Sebenarnya  saya tidak mengharapkan apa-apa.  Saya berjuang dengan ikhlas mengabdi dengan masyarakat dan tidak memikirkan imbalan,” terang Marjati.

Marjati menuturkan, dirinya selama ini telah aktif menjadi kader untuk berbagai kegiatan. Termasuk aktif mendukung kegiatan-kegiatan sosial yang ada di lingkungannya.

Dituturkan, menjadi kader posyandu semenjak tahun 1986 sampai sekarang, Marjati  juga menggeluti bidang kesenian, karawitan maupun seni yang lain. Termasuk selalu terlibat di kegiatan ibu-ibu di lingkungannya.

Baca Juga :  Jelang Hari Jadi Blora ke-274, Bupati Ziarah ke Makam Bupati Blora Terdahulu

“Saya memberikan motivasi dan sosialisasi dan langsung saya praktekan sekaligus. Contohnya masalah limbah di lingkungan bisa digunakan untuk hasil dikaryakan dan bisa juga pupuk. Saya menjadi kader di bidang apapun,” imbuhnya

Marjati berpesan agar para kader khususnya perempuan untuk tetap semangat memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat dan lingkungannya. “Bagi ibu-ibu, para kader yang ada di desa-desa, jangan bosan bosannya untuk memberikan bimbingan kepada warga dan lingkungannya, tapi jangan mengharapkan apa-apa dulu, kita harus secara ikhlas memberikan apa yang kita miliki, dan apa yang akan kita sumbangkan,” pesannya

Ucapan Selamat

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora,  Hj. Ainia Sholichah, SH, M.Pd.AUD mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Marjati. Ia berharap agar  diberikannya penghargaan ini mampu menjadi inspirasi dan motivasi perempuan-perempuan di Kab Blora untuk lebih maju.

“Alhamdulillah bersamaan peringatan hari Kartini kita menghadiri perayaan tingkat provinsi di Kabupaten Magelang dan kita mengantarkan perempuan ‘Kartini’ kita dari Blora sebagai pejuang pemberdayaan perempuan ini diwakili oleh Ibu Maryati,” paparnya

Menurut Hj Ainia, Marjati selama ini dikenal sebagai sosok yang aktif memberdayakan perempuan-perempuan di lingkungannya.

“Beliau ini sudah puluhan tahun memberdayakan perempuan-perempuan di lingkungan sekitarnya baik itu dari kepedulian lingkungan.  Menggiatkan bank sampah, hingga melestarikan seni budaya, karawitan, wayang. Beliau juga memberdayakan perempuan di batik, beliau juga kader PKK dan Posyandu di desanya dan kecamatan,” ungkap Ketua TP PKK Blora.

Baca Juga :  Ayo Ramai-Ramai Lihat Hewan Eksotis di Alun-Alun Blora

Apresiasi juga disampaikan oleh Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM. Sekaligus  bangga dengan Marjati yang telah turut serta berkontribusi untuk  Kabupaten Blora. “Selamat kepada ibu Marjati. Alhamdulillah beliau mewakili perempuan Kabupaten Blora menerima penghargaan dari tingkat nasional, semoga menginspirasi kita perempuan Blora,” harap Mbak Etik, panggilan akrab Wakil Bupati Blora. *)

Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan