Jembatan Timbang Sarang, Rembang Tersibuk di Indonesia

oleh -1287 Dilihat
oleh
Foto : SM

JEMBATAN Timbang Sarang, Rembang menjadi yang tersibuk dan teramai di Indonesia. Pasalnya, dalam satu bulan rata-rata kendaraan yang masuk timbangan adalah 6.000-8.000 unit.

REMBANG – Jembatan Timbang atau Unit Pelayanan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Sarang, menjadi yang tersibuk dan teramai di Indonesia. Pasalnya, dalam satu bulan rata-rata kendaraan yang masuk timbangan adalah 6.000-8.000 unit.

Dari jumlah tersebut 2.000 kendaraan di antaranya terpaksa ditindak dan ditilang lantaran mengalami over muatan atau dimensi. Para sopir harus menjalani persidangan di Pengadilan dengan denda rata-rata Rp 150 ribu-Rp 200 ribu.

Staf Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jateng-DIY, Karsi saat tinjauan di Sarang menyatakan, saat ini ada 17 jembatan timbang di Jateng-DIY yang diserahkan ke Kementerian Perhubungan. Dari jumlah itu, hanya 10 unit yang aktif sampai sekarang.

Baca Juga :  Nyabu di Bulan Ramadhan dan Saat Pandemi Corona, Dibekuk Polisi

Sepuluh unit jembatan timbang yang aktif tersebut adalah Sarang, Klepu, Subah, Tanjung, Banyudono, Tamanmartani, Kalitirto, Kulwaru dan Wanarejo. Jembatan Timbang Sarang menjadi yang teramai sampai hari ini lantaran kendaraan yang masuk dan jumlah penindakan.

“Untuk 7 yang belum beroperasi adalah Lebuawu, Sambong, Selogiri, Toyogo, Pringsurat, Salam, dan Gubuk. Operasionalnya masih menunggu perintah dan penetapan Kemenhub. Jika beroperasi, maka kami akan siapkan SDM dan sarana di sana,” papar Karsi.

Tinggalkan Balasan