Inovasi Anak Bangsa Di Tengah Wabah Covid -19

oleh -6471 Dilihat
oleh

5. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi juga mengembangkan Ventilator Portable yang diperuntukkan untuk pasien yang terpapar virus Corona non Intensive care (ICU).

Ventilator Portable ini berbasis bagging bag atau yang umum dikenal dengan Ambu Bag. Peralatan ini mengadopsi desain open source ventilator yag dikembangkan di Eropa dengan beberapa modifikasi untuk menyesuaikan material dan komponen yang ada di Indonesia.

BPPT juga menambahkan inovasi dan modifikasi untuk memaksimalkan fungsi dari Ventilator Portable ini. Yaitu menambahkan pengamanan (over pressure relief valve), penambahan kapasitas tekanan PEEP sekitar 10-20 cm H2O, dan penambahan pengaturan fraksi gas oksigen (FIO2) yang mendukung sistem multi ventilator.

Baca Juga :  Lapter Ngloram (Cepu) Akan Digunakan Untuk Pesawat ATR 72-600

BPPT sebagai koordinator Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk penanganan Covid-19 (TFRIC19), dimana TFRIC19 terdiri dari berbagai pemangku kepentingan, misalnya perguruan tinggi, sektor industri, dan Industri Litbang dll.

Diantaranya TFRIC19 mengembangkan Non-PCR Rapid Diagnostik, PCR Test Kit, Laboratorium Uji PCR dan sequencing. Penguatan Sistem Informasi dan Aplikasi Artificial Intelligence/AI (Kecerdasan Buatan) juga dikembangkan oleh TFRIC19.

Kemudian TFRIC19 juga menyiapkan Analisis dan Penyusunan Data Whole Genome Covid-19 Origin orang Indonesia yang terinfeksi, dan menyiapkan Prasarana dan Penyediaan Logistik Kesehatan untuk Penguatan Kemampuan Penanganan Covid-19.

Foto : Okezone

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.