Ini Yang Akan Dilakukan 35 Mahasiswa IPB Saat KKN Tematik di Blora

oleh -
Foto || dok.Prokopim Setda Blora

” SEBANYAK 35 mahasiswa  Institut Pertanian Bogor (IPB) yang melaksanakan  Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Kabupaten Blora, mulai  23 Juni ini hingga 31 Juli 2022 nanti. Mereka akan melakukan banyak hal, diantaranya, membantu Pemkab Blora untuk melakukan beberapa program di desa.  Seperti pendataan kondisi kemiskinan, pendataan anak sekolah yang berprestasi namun tidak mampu. “

BLORA||topdetiknews.com – Sejumlah kegiatan akan dilakukan  35 mahasiswa  Institut Pertanian Bogor (IPB) yang melaksanakan  Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Kabupaten Blora, mulai  23 Juni ini hingga 31 Juli 2022 nanti.  

Sejumlah kegiatan tersebut diantaranya, membantu Pemkab Blora untuk melakukan beberapa program di desa.  Seperti pendataan kondisi kemiskinan, pendataan anak sekolah yang berprestasi namun tidak mampu.

Juga melakukan sosialisasi hidup sehat cegah stunting, penyuluhan pertanian yang sehat bebas pupuk kimia, hingga pencegahan PMK yang saat ini sedang banyak menimpa hewan ternak sapi di Blora.

Termasuk, para mahasiswa IPB Bogor tersebut juga  akan ikut memetakan potensi desa dan melakukan inovasi pengelolaan potensi berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Sekedar diketahui, berangsurnya pandemi Covid-19 menuju normal, dimanfaatkan Institut Pertanian Bogor (IPB) terjunkan puluhan mahasiswanya untuk Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Kabupaten Blora.

Sebanyak 35 mahasiswa dari IPB itu telah tiba di Blora, Kamis (23/6/2022). Mereka diterima langsung oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si,  di aula pertemuan Kantor Bappeda Blora.

Baca Juga :  4 Hari Buron Kasus Bawa Lari HP, Coro Berhasil Dicokok Polisi

Didampingi Kepala Bappeda, A Mahbub Djunaidi, S.Pd., M.Si., Bupati Arief menerima mahasiswa KKNT tersebut secara simbolis, dengan menandatangani berita acara penerjunan mahasiswa bersama pimpinan IPB yang diwakili Wakil Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB, Prof. Dr. Ir. Noor F Haneda.

Di depan para mahasiswa, Bupati yang akrab disapa Mas Arief memaparkan, bahwa Blora hampir 50 persen wilayahnya adalah hutan jati. Untuk itu jangan kaget kalau nanti banyak menjumpai pohon jati.

Empat Desa

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB, Prof. Dr. Ir. Noor F Haneda, menyampaikan, 35 mahasiswa yang telah tiba di Blora akan melaksanakan KKN tematik di empat desa yang ada  di Kecamatan Kunduran dan Kecamatan Ngawen.

Dia menjelaskan, lokasi KKN Tematik nya ada di Desa Jetak dan Desa Karanggeneng, Kecamatan Kunduran, dan di Desa Talokwohmojo dan Desa Kedungsatriyan, Kecamatan Ngawen.

“ KKN tematik akan dilaksanakan mulai 23 Juni ini hingga 31 Juli nanti. Masing-masing desa KKN akan didampingi satu dosen lapangan,” terang Prof. Dr. Ir. Noor F Haneda.

Salah satu mahasiswa IPB yang berasal dari Indonesia Timur, Hendrizon Newipa, mengaku baru kali ini mendengar nama Blora dan baru pertama kali datang ke Blora. Dia sempat diajak foto bersama oleh Bupati Arief Rohman.

“Terima kasih atas penyambutannya Bapak Bupati. Baru kali pertama ini saya ke Blora. Semoga nanti KKN tematiknya berjalan lancar dan bermanfaat untuk desa. Saya dapat KKN di Desa Karanggeneng,” ujarnya singkat. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

No More Posts Available.

No more pages to load.