Blora Usul Jadi Kawasan Industri di Jawa Tengah, Ingin Seperti Batang dan Kendal

oleh -210 Dilihat
oleh
PJ Gubernur : Bupati Blora, H. Arief Rohman tengan berbincang dengan Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen. Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana,

BLORA, topdetiknews.com – Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., usulkan agar Kabupaten Blora bisa masuk menjadi lokasi pengembangan kawasan industri Jawa Tengah. Dengan demikian peluang investor masuk ke Blora akan terbuka lebar.

Usulan itu disampaikan pada rapat Konsultasi Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Pemprov Jawa Tengah dengan Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Tengah, dan Kementerian Agraria Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), di Hotel Le Meridien,  Jakarta,  Selasa (2/4/2024).

“Alhamdulillah akses Blora menuju toll trans Jawa semakin baik.  Setelah dapat Inpres Jalan dari Presiden,  kini semakin dekat ke exit toll Ngawi dari wilayah Blora Selatan,’’ jelas Bupati Arief.

Potensi lain di Blora di Selatan (Kradenan), demikian Bupati,  mempunyai sumber gas alam yang selama ini diproduksi Pertamina. Gas tersebut dialirkan ke Tambaklorok, Semarang dan Gresik, Jawa Timur. 

Baca Juga :  Antisipasi Kejahatan di Saat Pandemi Corona, Polisi di Blora Tingkatkan Patroli Bersenjata

“Selama ini, kami yang di Blora hanya menonton saja. Hanya ada beberapa desa yang dapat kuota city gas. Kami ingin Blora bisa dikasih sebagian gasnya untuk pengembangan industri di Blora,’’ tambahnya.

Untuk itu, Bupati Arief minta atau usul kepada Pj. Gubernur Jawa Tengah,  agar Blora bisa ikut masuk dalam penetapan kawasan industri Jawa Tengah. Dengan demikian nantinya Blora bisa seperti Batang, Kendal dan sekitarnya, dimana banyak investor masuk dan membuka lapangan pekerjaan.

Mencari Investor

Bupati yang pernah menjadi staf khusus Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal itu belakangan ini memang sedang getol mencari investor untuk pembangunan ekonomi Kabupaten Blora.

“Kami ingin Blora masuk KSP Pusat Riset dan Industri Hilirisasi Sumber Daya Alam di Jawa Tengah, bersama Cilacap, Purworejo, Kebumen, Rembang, Jepara dan Pati. Jika masuk kawasan Pusat Riset dan Industri Hilirisasi SDA, maka akan membuka peluang investasi di Kabupaten Blora.”

Atas usulan itu, Pj. Gubernur Jateng, Komjen. Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana, MM., langsung memberikan tanggapannya dalam forum rapat tersebut.

“Memang perlu, pengembangan kawasan industri ke wilayah tengah. Agar beban tidak selalu di jalur pesisir utara. Apalagi akses tol mulai dibangun di kawasan tengah. Coba nanti kami review agar RTRW dikaji lagi. Terimakasih Pak Bupati Blora atas masukannya,” ucap Nana Sudjana yang didampingi Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sekda Jateng, Dr. A.P. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si.

Baca Juga :  Bawaslu: Jangan Manfaatkan Wabah Covid-19 untuk Kampanye Terselubung

Tampak hadir dalam rapat tersebut, Bupati Purworejo, Pj. Bupati Tegal, Pj. Bupati Brebes, dan perwakilan Kepala Daerah lainnya. ***

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.