85 Persen Calon Haji Blora Lansia,  Sugeng Tindak Dulur Mugio Dados Haji Mabrur

oleh -514 Dilihat
oleh
LANSIA : Sejumlah calob haji Blora tahun 2023, dimana sebagian lansia, sesaat sebelum dilepas oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman

” MENURUT Kepala Kantor Kemenag Blora,  HM Fatah, S.Ag,M.Ed, tahun ini  jumlah jamaah calon haji Blora yang  lansia cukup banyak. Dari sejumlah 673 jamaah, 85% nya atau sekitar 570 jamaah lansia dan risti (risiko tinggi). Sedangkan yang kategori muda dan sehat hanya 15%. ”

BLORA, topdetiknews.com  – Saat melepas 673 jamaah calon haji Kabupaten Blora, Rabu (21/6/2023) dini hari pukul 01.30 WIB, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, berpesan agar para calon haji Blora saling membantu dan menjaga. Hal itu dikarenakan untuk tahun ini,  jumlah calon haji Blora yang lansia mendominasi. Yakni mencapai 85 persen.

Pemberangkatan calon haji Blora ke Embarkasi Solo dilakukan dari Pendopo Kabupaten Blora. “Kita minta kekompakan dari jamaah, untuk saling menjaga kerukunan. Saling membantu, karena jumlah jamaah lansia mendominasi, sehingga jamaah yang muda ini harus bisa membantu jamaah yang sepuh,” pesan Bupati Arief.

Ia juga mengingatkan para jamaah untuk senantiasa menjaga kesehatan, mengingat kondisi cuaca dan iklim yang berbeda. “Karena disana cuacanya panas, jamaah untuk bisa menjaga kesehatan, pola makan termasuk minum dan mengkonsumsi vitamin mungkin, agar ibadahnya berlangsung lancar,” tambahnya.

Menurut  Kepala Kantor Kemenag Blora,  HM Fatah, S.Ag,M.Ed, tahun ini  jumlah jamaah calon haji Blora yang  lansia cukup banyak. Dari sejumlah 673 jamaah, 85% nya atau sekitar 570 jamaah lansia dan risti (risiko tinggi). Sedangkan yang kategori muda dan sehat hanya 15%.

Baca Juga :  Polisi Blora Bekuk Pengedar Pil Hexymer Trihexyphenidyl

Jamaah calon haji  Blora tertua namun masih semangat untuk menunaikan ibadah haji,  atas nama Kunzaimah Sarpo Matrawi, warga Desa Sumberpitu, Cepu, dengan usia 95 tahun.  Sementara itu,  untuk jamaah termuda atas nama Alfi Ervina Rahmatussani warga Desa Beganjing, Kecamatan  Japah,  dengan usia 20 tahun.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan petugas-petugas untuk mendampingi para jamaah, termasuk tenaga kesehatan.  Disampaikan, para jamaah calon haji Blora akan didampingi sebanyak 16 petugas kloter selama melaksanakan ibadah Haji.

“Petugas sudah kita siapkan betul karena jamaah kita banyak yang lansia dan banyak yang risti, sehingga  membutuhkan perhatian khusus.  Insya Allah petugas yang kami siapkan sudah sigap mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi,” terang HM Fatah.

Dikemukakan, Kemenag Blora juga telah melakukan serangkaian kegiatan manasik haji tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan.  Kemudian pemantapan ketua regu dan ketua rombongan juga telah dilakukan.

Para jamaah juga dihimbau untuk selalu menjaga kebersamaan, tolong menolong, menjaga kesehatan dan sebagainya supaya semuanya bisa lancar.

Baca Juga :  Ini 32 ASN Yang Lolos Administrasi Seleksi Pengisian 7 Pejabat Eselon II di  Pemkab Blora

“Antisipasi sudah kita sampaikan ketika manasik. Para jamaah kami minta selalu menjaga kesehatan, menjaga pola makan, kemudian menjaga istirahat, terutama adalah mengambil ibadah-ibadah yang utama dulu,” tambahnya

Diketahui, jamaah calon haji Blora dibagi menjadi 4 kloter. Kloter yang diberangkatkan pertama yakni kloter 92, diberangkatkan dari Pendopo Kabupaten Blora pukul 01.30 WIB.  Kemudian Kloter 93 diberangkatkan sekitar pukul 05.00 WIB, selanjutnya Kloter 94 diberangkatkan pada pukul 07.00 WIB. Sedangkan untuk kloter 94 C diberangkatkan pukul 13.30 WIB dari Kantor Kemenag Blora. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.