Wajar Jika Warga Resah, Saat Hasil Swab Test PDP Kentong Positif

oleh -7999 Dilihat
oleh
RAPITEST : Bupati Blora, H. Djoko Nugroho kawal langsung rapittes sejumlah warga tetangga pasien PDP warga Desa Kentong, Kecamatan Cepu yang hasil rapid test nya positif, dan kini tengah dirawat di RSUD dr. R. Soeprapto Cepu. (Foto/topdetiknews.com/dok.Pemkab Blora)

Informasinya, pasien dimaksud, baru datang dari Jakarta dan diperkirakan baru sekitar dua hari. Begitu ada informasi tentang kondisinya, petugas dari Puskesmas datang untuk melakukan rapid tes, dan hasilnya positif.

Dengan harap-harap cemas, agak sedikit lega bahwa, jenis tes Covid -19, pertama adalah rapid test atau tes cepat. Tes jenis ini mengambil sampel darah untuk mengukur kondisi antibodi di tubuh peserta tes, sehingga dapat diketahui reaksi tubuh peserta tes untuk melawan virus.

Tes kedua, lanjutnya, adalah RTPCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction), yang dapat memberikan hasil lebih akurat. Menurut Lilik Hernanto, test laborat ini tingkat akurasinya mencapai 95 persen, sehingga hampir pasti.

Lebih melegakan lagi, Rabu (22/04/2020) lalu, sesuai penjelasan Direktur RSUD dr R. Soeprapto Cepu, dokter Fatkhur Rokhim, seorang pasien asal Desa Kentong, Kecamatan Cepu yang sebelumnya dinyatakan positif berdasarkan rapid test, kondisinya terus membaik.

Baca Juga :  Bendungan Senilai Rp 571 Miliar Segera Dibangun di Todanan

Disampaikan, pasien PDP tersebut, adalah hasil konfirmasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dengan RSUD dr R. Soeprapto Cepu, yakni Sabtu (18/4/2020) ada pasien di salah satu desa di Kecamatan Cepu, yaitu di desa Kentong, yang secara rapid test awal dinyatakan positif oleh tim medis Puskesmas Cepu.

Kabar baik terus datang, pasien tersebut inyatakan membaik dan siap dipulangkan. Sementara itu, untuk hasil swab -nya untuk pemeriksaan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RTPCR) masih menunggu dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.