PMI Blora Bertekad Galakan Kampung Donor

oleh -591 Dilihat
Sutikno Slamet Ketua PMI Kabupaten Blora

Banyakya kebutuhan darah setiap harinya, tak jarang Palang Merah Indonesia (PMI) kehabisan stok darah yang ada di markas PMI Kabupaten Blora. Untuk menanggulangi hal tersebut PMI akan galakkan Kampung Donor.

BLORA, topdetiknews.com – Meningkatnya kebutuhan transfusi darah di kabupaten Blora, tidak jarang kondisi stok lumbung darah di markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora menipis bahkan habis.

Sejak Maret 2019 selama pandemi corona virus diseases (Covid-19) Kondisi Seperti ini cukup terasa mendera. Meski secara umum masih tercukupi namun kondisi tersebut cukup merisaukan, Hal tersebut dikarenakan satu pasien bisa memerlukan hingga beberapa kantong darah.x

Melihat kondisi demikian Sutikno slamet bertekad untuk bisa stabilkan Stok Darah dikabupaten Blora.

“Penggalakan kampung donor darah itu bertujuan untuk mendekatkan masyarakat dengan layanan donor darah. Karena keberadaan kampung donor darah tersebut merupakan swadaya masyarakat untuk meningkatkan sikap kepedulian dan kemanusiaan dalam memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Blora,” katanya, saat Musyawarah PMI di ruang pertemuan Setda Blora, Sabtu (18/06/2022).

Baca Juga :  Bagi-Bagi Masker, Sekaligus Edukasi Warga Cara Mencegah Persebaran Covid -19

Dengan menggalakkan Kampung Donor Darah, tambahnya akan lebih mudah, tersitematis dan mendekatkan kepada masyarakat yang berada di tingkat dusun, RT atau RW. Kegiatan donor darah dilakukan di Kampung Donor secara rutin dengan interval waktu setiap dua bulan sekali.

Progres tersebut tidak hanya mendonorkan darahnya saja, namun relawan Kampung Donor Darah akan lebih mudah berkomunikasi dan terorganisir.

Beri Edukasi

Melalui relawan Kampung Donor diharapkan dapat mengajak, memberi edukasi dan menjelaskan manfaat donor darah kepada masyarakat dilingkungannya, mengingat darah sangat dibutuhkan oleh sebagian masyarakat yang sedang membutuhkan transfusi darah.

Ketua tepilih Sutikno Slamet berharap Kampung donor tersebut dapat meningkatkan partisipasi masyarakat kesesama.

“Selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, ini juga untuk mengedukasi masyarakat tentang kepedulian sasama. Dengan Kampung Donor Darah, diharapkan antarwarga bisa saling membantu menjaga ketersediaan darah secara cepat dan sukarela,” harapnya

Lebih lanjut, Sutikno menambahkan, darah tidak dapat diganti oleh yang lain. arah hanya bisa dengan cara donor dari manusia juga. Maka dari itu, perlu kesadaran masyarakat untuk menyumbangkan darahnya, sehingga darahnya bisa membantu menolong nyawa orang lain.

Baca Juga :  Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Blora 2022 - 2027 Dilantik

Sutikno slamet bertekat PMI Blora akan terus menyosialisasikan kepada masyarakat agar kesadaran berdonor darah meningkat di wilayah Kabupaten Blora.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.