BBWS Pemali Juana Mulai Normalisasi Embung Jurangjero

oleh -869 Dilihat
oleh
NORMALISASI : Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana mulai normalisasi Embung Jurangjero, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo.

” KEPALA KBidang  Sumber Daya Air (SDA), Surat, ST menerangkan,  normalisasi embung Jurangjero akan dilakukan hingga beberapa minggu kedepan. ‘’Saat ini yang dikerjakan menormalisasi sungai yang berada di kawasan hulu embung yang berdekatan dengan pemukiman warga di Dukuh Jurangjero,’’ jelasnya. ”

BLORA,topdetiknews.com – Ditengarai menjadi salah satu penyebab banjir karena sedimentasinya parah,  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Blora dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana mulai normalisasi Embung  Jurangjero, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo.

Dijelaskan,  Kepala Dinas PUPR Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT, melalui Kepala Bidang  Sumber Daya Air (SDA), Surat, ST, normalisasi Embung Jurang Jero sudah dimulai sejak Minggu (30/4/23).

‘’Pekerjaan normalisasi Embung Jurangjero sudah dimulai sejak Minggu  (30/4/23). Tiga alat berat escavator langsung diturunkan ke lokasi,’’ jelas Surat, ST.

Baca Juga :  Polisi Tetapkan Tersangka Terkait Pengisian Perangkat Desa Nginggil dan Beganjing 

Diketahui, menindaklanjuti  arahan Bupati terkait perlunya normalisasi Embung Jurangjero, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Blora, segera membuat feasibility study (studi kelayakan) rencana normalisasi embung tersebut.

Normalisasi itu mendesak dilakukan, menyusul lantaran kembung erap meluap dan menimbulkan banjir karena sedimentasinya cukup tinggi saat hujan deras. Bupati Blora, H. Arief Rohman, SIP Msi sempat terjun langsung ke embung dan

Menyaksikan banyak pengendapan (sedimentasi-red). Juga ,banyak tanaman ganggangnya.

Kades Sidomulyo,  Suyatman, berharap embung bisa diperluas agar daya tampung nya bisa lebih maksimal. Dikatakan, embung sudah bertahun-tahun tidak ada pengerukan.

Lebih lanjut  Kepala Bidang  Sumber Daya Air (SDA), Surat, ST menerangkan,  normalisasi embung Jurangjero akan dilakukan hingga beberapa minggu kedepan. ‘’Saat ini yang dikerjakan menormalisasi sungai yang berada di kawasan hulu embung yang berdekatan dengan pemukiman warga di Dukuh Jurangjero,’’ jelas Surat ST. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.