Ratusan Keris Pusaka Dipamerkan di Festival Tosan Aji Blora

oleh -477 Dilihat
KERIS PUSAKA : Berbagai keris pusaka dipamerkan dalam festival Tosan Aji Blora yang digelar di Gor Mustika Blora, mulai Senin (12/09/2022).

BLORA, topdetiknews.com – Festival Tosan Aji Blora yang digelar di Gor Mustika Blora, mulai Senin (12/09/2022) pamerkan ratusan keris pusaka. Acara yang diprakarsai oleh Paguyuban Tosan Aji Kuntul Ngantuk dan Toyopadasan tersebut akan berlangsung hingga senam hari ke depan.

Tampak ratusan keris pusaka yang dipamerkan dalam festival tersebut lengkap dicantumkan nama, asal dan sejarah masing-masing. Benda-benda itu selain dipajang di meja, ada juga yang dipajang di dalam etalase kaca.

Rudi salah seorang panitia festival menyampaikan, tujuan pameran keris tersebut untuk mengingatkan kepada masyarakat agar tetap melestarikan budayanya.

“Tujuannya adalah mengajak masyarakat untuk mengingat bahwa Tosan Aji, adalah warisan budaya leluhur dalam bentuk sebuah senjata tradisional yang harus kita jaga bersama,” jelas Rudi.

Baca Juga :  Kerugian Capai Rp 350 Juta, 3 Rumah Warga Jimbung (Blora) Dilalap Jago Merah

Menurutnya, pameran benda pusaka tersebut pertama yang dilaksanakan pasca pandemi. ‘’ Sebelum ada pandemi kita sering mengadakan pameran ini.”

Seiring dengan menurunnya minat masyarakat, lanjut Rudi, pihaknya mengajak masyarakat untuk bersama melestarikan Tosan Aji. Ditandaskan, Tosan Aji harus dijaga bersama karena sudah mendapatkan pengakuan dari Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) melalui Unesco. Yakni, dinyatakan sebagai warisan dunia yang berasal dari Indonesia,” imbuhnya. *)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.