Melalui Musrenbang 2024 Sinergi Bangun Blora Yang Berkelanjutan Bakal Tercipta

oleh -417 Dilihat
Bupati Blora, Arief Rohman || Foto. Muji/topdetiknews.com

BLORA, topdetiknews.comMelalui Musrenbang, pemerintah Kabupaten Blora turut menggandeng masyarakat dalam menentukan prioritas pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi warga. Dalam forum ini, setiap lapisan masyarakat memiliki kesempatan untuk menyampaikan usulan dan masukan terkait pembangunan yang diinginkan.

Hasil dari Musrenbang menjadi panduan bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan dan program pembangunan yang berkelanjutan. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat melalui Musrenbang memastikan agar pembangunan yang dilakukan dapat memberikan manfaat yang merata bagi semua pihak.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora telah usai menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 di Gedung PEM Akamigas, Kamis (28/3). Dalam pelaksanaannya, Musrenbang tersebut memaparkan dua rencana pembangunan. Yaitu, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Baca Juga :  Hadir di Puncak Tidar, Mbak Etik Beri Kejutan Kepada Satpol PP Blora

Bupati Blora, Arief Rohman mengatakan, pada musrenbang kali ini masih didominasi pembangunan sektor infrastruktur dan pertanian. Oleh karena itu, RKPD Blora membahas terkait arah kebijakan pemerintah setempat dan memaparkan capain kerja OPD selama 2 tahun ke belakang.

‘’Tema pembangunan 2025 ini yaitu Penguatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat didukung pelayanan publik yang berkualitas. Untuk arah kebijakannya yaitu penguatan ekonomi, pemantapan kualitas SDM, penguatan stabilitas wilayah, pemerataan infrastruktur perkotaan, dan pengembangan tata kelola pemerintahan yang responsif,’’ jelasnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya berterima kasih banyak kepada masyarakat yang sudah mengusulkan ide-ide untuk pembangunan blora ke depan. ‘’Harapkan masukan ini 2025 – 2045 blora kedepan menjadi kabupaten maju unggul berdaya saing,’’. tegasnya.

Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Harso Susilo mengatakan, terkait infrastruktur, pihaknya akan membantu menyempurnakan usulan pembangunan di Blora. Dengan cara melakukan perbaikan ruas jalan provinsi yang di lintasi masyarakat Blora. ‘’2024 ini jalan provinsi di blora akan dianggarkan. Lalu, kami juga mengawal proses jalan yang akan mendapat inpres,’’ tegasnya. ***

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan