Muncul Klaster Hajatan di Blora, 35 Orang Positif Covid -19 – Dua Opname

oleh -956 Dilihat
oleh
dok. Pemkab Blora

” BENAR – benar memprihatinkan, saat ini muncul kluster hajatan di Blora, tepatnya dari Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo. Diketahui, ada 35 warga setempat sesuai hasil swab test, terpapar Covid-19. Dua diantaranya harus opname atau dirawat di rumah sakit… ”

BLORA, topdetiknews.com –  Cukup memprihatinkan, saat ini muncul kluster hajatan di Blora, tepatnya dari Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo. Diketahui, ada 35 warga setempat sesuai hasil swab test, terpapar Covid-19. Dua diantaranya harus opname atau dirawat di rumah sakit.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Edy Widayat ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa dari hasil tracing yang dilakukan oleh Puskesmas Banjarejo, hasilnya ada 35 orang di Desa Balongsari yang positif Covid-19.

‘’Dari 90 orang yang di swab, hasilnya 35 orang positif Covid, dari jumlah itu dua diantaranya harus menjalani perawatan atau opname,’’ jelas Edy Widayat, Minggu (6/6/2021).

Dijelaskan, Dinkes bersama TNI dan Polri dan pihak terkait lainnya, telah melakukan tindakan antisipasi, yakni terjun ke lapangan dan melakukan penyemprotan disinfektan, termasuk sosialisasi kepada warga yang terkena agar disiplin melakukan isolasi mandiri. ‘’Kami bersama TNI-Polri telah melakukan tindakan ke lapangan,’’ tandas Edy Widayat yang juga Camat Todanan itu,

Diketahui, berawal adanya hajatan manten di Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo, Blora, sedikitnya ada 90 warga desa harus jalani swab test.

Menurut Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Sutik, Kejadiannya berawal ketika ada  hajatan mantenan di rumah salah seorang warga Desa Balongsari. Setelah kegiatan hajatan selesai, banyak warga sekitar yang sakit dengan gejala pilek dan panas.

‘’Kebetulan ada salah seorang warga yang sakit itu periksa di Puskesmas Banjarejo, dan ketika di swab antigen hasilnya positif. Selanjutnya tracing dilakukan kepada sejumlah orang yang kontak erat di acara hajatan mantenan tersebut. Sedikitnya sudah ada 90 warga yang di swab, jelas Sutik.

Terus Bertambah

Sementara itu, dari hasil monitoring data Covid-19 Kabupaten Blora, per Minggu (6/6/2021) pukul  12.16 WIB, diketahui kasus Covid di Blora terus bertambah. Kini ada 105 kasus baru, sehingga total kasus Covid yang ada mencapai 7.181.

Dari jumlah itu, yang dinyatakan sembuh ada  6.525 orang,  untuk penderita meninggal bertambah 2 orang, sehingga keseluruhan ada 366 orang. Hingga saat ini penderita Covid yang dirawat di rumah sakit ada  61 orang, sementara yang jalani isolasi mandiri sebanyak 229 orang,

Hingga Minggu, dua kecamatan dari 16 kecamatan yang ada di Blora, dua diantaranya masuk kategori zona merah, masing-masing Kecamatan Blora dan Kecamatan Cepu.  Lima kecamatan, masing-masing Todanan, Japah, Banjarejo, Bogorejo dan Kecamatan Jiken masuk zona kuning. Sisanya, 9 kecamatan, masing-masing kecamatan Kunduran, Ngawen, Tunjungan, Jati, Jepon, Randublatung, Sambong, Kedungtuban dan Kecamatan Kradenan masih masuk kategori zona orange. *)

Penulis : Muji
Editor : Daryanto