Citilink ATR-72 Segera Buka Penerbangan Jakarta – Cepu , Tarif Dibawah Rp 1 Juta

oleh -883 Dilihat
oleh
Foto || Istimewa

” DALAM waktu dekat ini (Akhir Oktober) Citilink akan buka penerbangan Jakarta (Halim) – Blora (Ngloram) PP. Untuk tarif diperkirakan dibawah Rp  1 juta atau berkisar di angka Rp 900.000.”

BLORA, topdetiknews.com – Jika tidak aral melintang dalam waktu dekat ini (Akhir Oktober) Citilink akan buka penerbangan Jakarta (Halim) – Blora (Ngloram) PP. Untuk tarif diperkirakan dibawah Rp  1 juta atau berkisar di angka Rp 900.000.

Dalam rapat  rapat koordinasi (rakor) kesiapan operasional penerbangan Bandara Ngloram, Cepu, Blora, Selasa (12/10/2021) lalu, Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si. berharap penerbangan tersebut bisa dibuka seminggu dua kali, yakni Senin dan Jumat dari Cepu – Halim PP. Untuk waktunya bisa dilakukan mulai tanggal 29 Oktober 2021 mendatang.

Sedangkan untuk harga tiketnya, Bupati Blora yang akrab disapa Mas Arief ini memberikan masukan agar jatuhnya tidak sampai satu juta rupiah.

“Disini sudah ada kereta api dan bus malam, sehingga kita minta nanti harganya bisa disepakati jangan terlalu mahal. Batas amannya jangan sampai satu juta, kisaran delapan ratus hingga sembilan ratusan ribu rupiah saya kira masih masuk,” papar Bupati.

Hadir di rapat yang berlangsung  di ruang Pertemuan Setda Blora itu diikuti perwakilan Forkopimda, Kepala Bandara Ngloram, Senior Manager Citilink, Sekda, dan seluruh stakeholder terkait.

Jamin Penumpang

Bupati Arief menyatakan dirinya siap menjamin ketersediaan penumpang dalam pembukaan penerbangan ini nanti. Bahkan yakin penerbangan akan selalu penuh.

“Setiap bulan banyak orang dari berbagai wilayah Indonesia yang mengikuti Diklat Migas di Cepu, belum diaspora sudah banyak yang tanya. Kita juga ajak kabupaten sekitar seperti Bojonegoro, Tuban, Rembang, Ngawi, hingga Grobogan untuk memanfaatkan keberadaan bandara ini. Teman-teman Kementerian juga sudah kita lobi agar bisa melaksanakan meeting di Cepu, Blora sambil berwisata. InshaAllah penumpang akan tercukupi,” pungkasnya.

Sementara itu, Senior Manager Citilink, Rahmakika Rahardiasari, menyatakan kesiapannya untuk mendukung pembukaan penerbangan pada akhir Oktober nanti.

“Koordinasi dengan Pak Bupati dan jajaran Pemkab sudah seringkali kita lakukan. Kesimpulannya kami siap untuk membuka penerbangan di Kabupaten Blora ini. Pesawatnya memakai ATR-72 dahulu,’’ papar Rahmakika.

Rencananya, demikian Rahardiasari, sesuai permintaan Bupati, untuk jadwal penerbangan seminggu dua kali, yakni setiap Senin dan Jumat. Untuk harga tiket akan disepakati bersama, intinya tidak memberatkan kedua belah pihak baik Citilink maupun calon penumpang.

Terpisah Kepala Bandara Ngloram, Ariadi Widiawan, menyampaikan bahwa saat ini kondisi lapangan telah siap untuk penerbangan komersial. “Landasan 1600 meter sudah mantap dan beberapa kali uji coba. Terakhir saat kunjungan 3 Menteri bulan Agustus lalu. Sedangkan terminal sudah jadi, dan penataan halaman serta akses jalan masuk tinggal penyelesaian. Pertamina juga sudah siap menyediakan pengisian bahan bakar pesawat di bandara. Hanya tinggal penataan interior terminal saja. InshaAllah akan siap tancap gas 29 Oktober 2021,” jelas Ariadi. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto