Blora Terima Penghargaan Pelayanan Publik Prima “A” Dari  Menteri PAN-RB

oleh -1498 Dilihat
oleh
PIAGAM PENGHARGAAN : Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si tunjukan Piagam Penghargaan Pelayanan Publik Prima “A” yang diterima dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo
  • Bupati Arief  Minta Inovasi Pelayanan di Blora  Terus Dilakukan

” TERIMA piagam penghargaan Pelayanan Publik Prima “A” dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., minta semua OPD di Blora terus berikan pelayanan yang terbaik, mudah, cepat, dan murah kepada warga masyarakat. “

BLORA||topdetiknews.com –  Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., terima piagam penghargaan Pelayanan Publik Prima “A” dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, Rabu (18/5/2022).

Penghargaan dari Menteri Tjahjo Kumolo tersebut berdasarkan hasil evaluasi kinerja pelayanan publik tahun 2021 kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah baik Pemprov maupun Kabupaten.

Di Blora, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat memperoleh predikat “A” kategori Unit Penyelenggara Pelayanan (UPP) Pelayanan Prima.

Bupati Arief nyatakan bangganya dan bersyukur atas raihan itu. Dikatakan, prestasi tersebut merupakan hasil kerja bersama selama tahun 2021 untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Utamanya para ASN di lingkup DPMPTSP Blora yang telah sesarengan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat’’ ungkap Bupati.

Begitu juga Dinas perangkat daerah lain, lanjut bupati Arif, diminta terus berikan pelayanan yang terbaik, mudah, cepat, dan murah.  “ Apalagi kini kita sudah memiliki Mal Pelayanan Publik yang diresmikan Pak Menteri pertengahan 2021 lalu, harus terus dioptimalkan,” ungkapnya.  

Inovasi Pelayanan

Dikatakan, penghargaan dari  Menteri  Tjahjo Kumolo tersebut  bukan sebuah tujuan akhir. Namun justru menjadi pelecut semangat untuk terus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dengan memunculkan inovasi-inovasi terbaru.

“Kita minta seluruh Dinas, Perangkat Daerah tidak puas dengan penghargaan ini. Terus lakukan inovasi pelayanan. Keberadaan MPP akan terus kita kembangkan. Karena kita sadar masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki.”

Ke depan Bupati minta inovasi pelayanan di Blora harus lebih baik lagi.  Kalau bisa Blora meraih predikat “A” plus plus atau sangat memuaskan. Tidak hanya dari Pak Menteri, melainkan juga dari masyarakat.”  Karena sejatinya kita ini merupakan pelayan masyarakat,” tandas  Bupati.

Terpisah, Kepala DPMPTSP Blora, Bondan Arsiyanti, SH., M.Si., mengaku bahwa penghargaan yang diterima Blora kali ini merupakan kejutan di awal kepemimpinannya di OPD yang menjadi sentral pelayanan publik pengelola MPP di tingkat Kabupaten ini.

“Kaget bercampur senang, karena saya baru dilantik Bupati sebagai Kepala DPMPTSP 26 Februari 2022. Sementara Pak Menteri PANRB mengumumkan penghargaan hasil penilaian pelayanan publik secara nasional tanggal 8 Maret 2022 secara daring (online) dan luring terbatas,’’ terang Bondan Arsiyanti .

Menurutnya, penghargaan yang diterima Blora itu tepat saat ulang tahun Bupati Arief Rohman, dan menjelang satu tahun berdirinya MPP di Kabupaten Blora. ‘’ Ini piagamnya baru kita terima sekarang,” ungkap Bu Danik, sapaan akrab Bondan Arsiyanti.

Dirinya berharap capaian pelayanan publik ini bisa terus ditingkatkan, tentunya dengan arahan Bupati dan Wakil Bupati. Sekedar diketahui, di Jawa Tengah, Pemda yang memperoleh Predikat “A” kategori Unit Penyelenggara Pelayanan (UPP) Pelayanan Prima ada 12 kabupaten. Masing-masing Kota Semarang, Kota Surakarta, Banyumas, Cilacap, Blora, Jepara, Kendal, Salatiga, Batang, Pati, Kebumen, dan Grobogan. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto