Ada Masalah Kekerasan Anak, Silahkan Datang ke UPPKSAI

oleh -1696 Dilihat
oleh
RESMIKAN KANTOR : Bupati Blora, H. Djoko Nugroho, meresmikan Kantor Unit Pelaksana Program Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (UPPKSAI) di Dinsos P3A) Blora, Minggu (23/02/2020).

”Membangun jalan dan gedung itu mudah, yang sulit itu membangun kualitas SDM yang unggul. Maka dari itu jangan sampai anak-anak kita terlalu larut dengan masalah-masalah yang dihadapi, dan menjadi korban kekerasan. Bagus ini, semoga bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” harap Bupati.

Unicef Apresiasi

Sementara itu, United Nations Children’s Fund (UNICEF), salah satu organisasi PBB yang bertugas memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan kesejahteraan jangka panjang kepada anak-anak dan ibu, mengapresiasi adanya UPPKSAI di Blora, tersebut.

Apresiasi itu disampaikan langsung oleh Ari Rukmantara, Kepala Kantor UNICEF wilayah Jateng-Jatim saat menyaksikan peresmian UPPKSAI Blora yang dilakukan Bupati Djoko Nugroho.

”Apresiasi setinggi-tingginya bagi Kabupaten Blora dan timnya yang telah membentuk UPPKSAI. Apresiasi bukan hanya dari UNICEF perwakilan Jawa, dan Indonesia, namun juga Dunia. Karena baru saja Blora melaksanakan hal yang mungkin tidak dipahami masyarakat, yakni berinvestasi terhadap pencegahan kekerasan anak, bukan hanya penanganan,” ucap Ari Rukmantara.

Menurut Ari, kasus kekerasan terhadap anak jumlahnya banyak, namun jika kasus itu dibiarkan, berapapun jumlah APBD tidak akan bisa terselesaikan.

”Yang dilakukan Pemkab Blora ini sangat reformis sekali dan progresif, yakni mencegah sebelum terjadi kekerasan. Jadi ketika sudah kelihatan pola-polanya, seperti kondisi ekonominya lemah, prestasi akademiknya perlu dibantu, terus lingkungan sekolahnya kurang kondusif, maka ini sudah termasuk rawan terjadi kekerasan.