643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke  Tanah Suci 3 Juni 2024 Mendatang

oleh -86 Dilihat
oleh
IKUTI MANASIK : Para Jamaah Calon Haji Blora ikuti manasik haji tingkat kabupaten di pendapa Rumah Dinas Bupati Blora.

” DISAMPAIKAN Plt. Kepala Kantor Kemenag Blora, H. Mustaqim, S.Pd.I, Untuk Kabupaten Blora sendiri, tahun ini akan memberangkatkan Calon Jemaah Haji sejumlah 643 orang. Mereka  terbagi menjadi 3 kloter yang rencananya akan diberangkatkan pada 3 Juni 2024 mendatang. ”

BLORA, topdetiknews.com – Jumlah Calhaj Blora yang akan berangkat ke Makkah Madinah tahun 2024 ini sebanyak 643 orang. Mereka mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024), yang dibuka oleh Bupati Blora, H.Arief Rohman, di pendapa rumah dinasnya.

Tampak.hadir,  K.H. Muharror Ali, Plt. Kepala Kantor Kemenag Blora, Kepala Baznas Blora, Perwakilan Forkompimda dan Kelompok Bimbingan Haji Kabupaten Blora.

Disampaikan Plt. Kepala Kantor Kemenag Blora, H. Mustaqim, S.Pd.I,  tahun ini, kuota haji untuk Indonesia naik 20.000, sehingga menjadi 241.000 orang.  Rinciannya,  untuk jamaah reguler sejumlah 213.320,  jamaah khusus 27.680,  dan petugas sejumlah 2.210 orang.

Untuk Kabupaten Blora sendiri, lanjut Mustaqim, tahun ini akan memberangkatkan Calon Jemaah Haji sejumlah 643 orang. Mereka  terbagi menjadi 3 kloter yang rencananya akan diberangkatkan pada 3 Juni 2024 mendatang.

“Kami laporkan terkait data Calon Jamaah haji Kabupaten Blora yang akan berangkat tahun ini sebanyak 643 orang, terdiri dari 636 orang Calon Jamaah Haji reguler, 5 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), dan 2 orang Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU),’’ jelasnya.

Calon Haji Blora terdiri dari 293 pria dan 350 wanita, dimana nantinya akan . terbagi menjadi 3 kloter yang insyaAllah akan diberangkatkan tanggal 3 Juni 2024.

Jamaah Termuda

Dari jumlah jamaah haji tersebut, masih menurut Mustaqim, terdapat calon jamaah termuda, yakni berusia 20 tahun. Atas nama  Enggar Kusuma Wardani (20),  asal  Desa Sidomulyo, Kecamatan Cepu. Untuk jamaah tertua atas nama Matroji Sumadi, yang berusia  85 tahun.

Pelaksanaan manasik dimaksudkan agar para jamaah paham dan mampu melaksanakan ibadah haji di tanah suci dengan baik dan benar melalui program yang telah diselenggarakan oleh pemerintah.

Manasik Haji akan diselenggarakan sebanyak 2 kali. Untuk  tingkat Kabupaten mulai dari tanggal 27 hingga 28 April 2024, dilanjutkan pelaksanaan manasik di tingkat Kecamatan sebanyak 6 kali mulai tanggal 29 April 2024 hingga 4 Mei 2024.

Terpisah, Bupati Blora H. Arief Rohman, berharap kepada para jamaah haji Blora dari mulai program bimbingan manasik hingga pelaksanaan nanti   dapat pulang kembali dari tanah suci.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Blora tentunya akan terus mendukung manasik ini mulai dari pemberangkatan di Asrama Haji Donohudan. Kita juga menyiapkan petugas pendamping sampai nantinya menjelang pulang kembali ke tanah air, menyediakan fasilitas bus. Termasuk tahun ini ada tambahan batik khas Blora bagi para calon haji,’’ ujar Bupati Arief.

Bupati yang kerap disapa Mas Arief itu juga meminta seluruh jemaah dari Kabupaten Blora untuk selalu menjaga kekompakan dan kerukunan demi terlaksananya ibadah haji yang lancar. “Selalu jaga kekompakan, jadi nanti disana akan menjadi keluarga besar kafilah jemaah dari Kabupaten Blora, jadi mohon mulai dari awal manasik ini sampai pelaksanaan bisa selalu menjaga kerukunan dan kekompakan.  Kita doakan semoga prosesi yang akan berlangsung ini bisa dilaksanakan dengan lancar,”  pungkas Bupati Arief. ***

Reporter : Muji
Editor : Daryanto